Street Work Out Tak Sebatas Otot

Streetwork out dengan teknik kalistenik.

Gym dan pusat kebugaran menjadi salah satu tempat yang eksklusif bagi sebagian orang. Bagiamana tidak, untuk masuk ke ruangannya kadang harus menunjukan kartu anggota. Untuk memanfataakan fasilitasnya juga berbayar. Tidak semua orang bisa dan mampu, namun sebagain ada yang mencari alterlatif lain yakni dengan turun ke jalan.

Steet Work Out

Street work out, tidak berbeda jauh dengan gym dan fitness. Yang membedakan adalah lokasi, peralatan, pola latihan, sudut pandang, dan yang pasti memiliki tujuan yang sama. Street work out lahir dari ketidakmampuan akses ekslusifitas gym dan fitnes dan ada yang ingin mencari suasana yang berbeda yakni alam terbuka.

Street work out bisa dilakukan dimana saja.

Dalam sudut pandang lain, ada yang berbicara jika gym adalah identik dengan body building yakni pembentukan masa otot, dan fitness adalah menciptakan kondisi tubuh yang bugar. Bisa dikatakan street work out adalah kombinasi keduanya, badan yang bugar sekaligus otot terbentuk serta bonus kelincahan, kekuatan, daya tahan, fokus, keseimbangan, dan ketepatan posisi.

Streek work out bukanlah sebuah pemberontakan, namun sebuat olah raga urban yang memanfaatkan teknik dan latihan kalistenik (calistenic). Inilah yang menjadi penciri khas dari street work out yakni kalistenik. Kalistenik adalah metode olah raga yang memanfaatkan berat tubuhnya sendiri, berbeda dengan gym yang memanfaatkan beban diluar tubuhnya seperti barbel, dumbel dan lain sebagainya.

Pull up menjadi bagian dari kalistenik dengan memanfaatkan berat badannya sendiri.

Kalistenik

Kalistenik adalah gerakan alami dan tahu diri, karena berat tubuhnya yang menjadi acuan. Secara alami, idealnya setiap orang harus mampu menopang berat badannya dengan baik, akan jauh lebih baik lagi saat harus mengangkatnya. Inilah idealisme dari kalistenik, yakni menciptakan tubuh yang ideal.

Kalistenik tidak berbeda jauh dengan gerakan-gerakan senam, namun ada beberapa gerakan yang menjadi penciri khas dari olah raga ini. Seseorang yang menekuni kalistenik, bentuk tubuhnya akan kering yakni masa lemak yang sangat tipis dan penuh dengan tonjolan otot. Olah raga ini hampir bisa melatih semua otot dalam tubuh, sehingga bentuk tubunnya proporsional.

Bentuk tubuh yang proporsional inilah yang banyak dikejar dan diidam-idamkan seseorang. Contoh, anak-anak SMA yang ingin meneruskan jenjang pendidikannya di Militer dan Kepolisian, tentunya harus memiliki badan yang ideal. Selain itu juga harus memiliki kekuatan, daya tahan, kelincahan, keseimbangan, dan fokus yang baik. Seleksi fisik masuk di Militer dan Kepolisian, ujiannya adalah memanfaatkan kekuatan tubuh dengan beban tubuhnya. Sebut saja pull up, set up, dan push up, ketiganya nyaris tanpa beban tambahan selain tubuhnnya sendiri. Dengan demikian, tidak sedikit mereka yang berlatih kalistenik di street work out.

Kalistenik mengantar pada jenjang Kepolisian,

Bagi mereka yang sudah terlanjur tercebur di kalistenik akan semakin mumpuni dalam olah tubuhnya. Beberapa gerakan ekstrim yang nyaris tidak banyak orang yang bisa melakukan, mereka dapat dengan mudah melakukannya.

Gerakan ekstrim dalam kalistenik.

Sebut saja hand stad, yakni berdiri dengan kedua tangannya. Muscle up, yakni pull up yang kebablasan sampai atas. Ada juga front lever bergelantungan dimana kaki dan perut sama datarnya, atau back lever dimana punggung dan betis sama datarnya. Lebih ekstrim lagi saat manusia berkibar menjadi bendera atau disebut human flag. Mungkin yang paling agak berat adalah planche dimana orang berposisi mirip dengan capung. Dari sisi kelincahan, jangan ragukan mereka yang setiap hari memegang tiang bar. Mereka bisa dengan mudahnya berpindah tiang seperti atlit senam palang sejajar, bahkan meraka bisa berputar-putar diudara yang diistilahkan dengan swing three sixty.

Street work out kini sudah menjamur di Indonesia, meskipun baru masuk sekitar tahun 2010. Beberapa kejuaraan skala regional dan nasional juga sudah diadakan. Beberapa komunitas street work out di beberapa kota sudah bermunculan. Mereka acapkali anjang sana untuk saling menunjukan kebolehannya dan latihan bersama. Karena olahraga ini sifatnya individu dan tidak ada gesekan atau kontak fisik antar peserta, makan olah raga ini tidak seperti sepak bola yang rentan perkelahian.

Komunitas street work out.

Di kanal berbagi video juga sudah banyak tutorial latihan kalistenik yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sekali lagi, olah raga ini adalah yang murah meriah dan aman. Dengan melihat benda-benda di sekitar kita, bisa langsung improvisasi untuk latihan. Ventilasi pintu bisa langsung digunakan untuk bergelantungan, atau mensejajarkan dua kursi sudah bisa digunakan untuk melatih otot perut dan trisep. Masih banyak lagi, tinggak kreativitas dan improvisasi.

Ingin ngegym atau dipusat kebugaran tapi ragu, tidak ada salahnya mencoba olah raga urban dari tepi jalan dengan memanfaatkan berat badan. Agar lebih optimal mungkin bisa berkonsultasi dengan beberapa orang yang sudah memiliki lisensi dalam olah raga jenis ini. Selamat menikmati berat badan anda sendiri.

Lisensi untuk Kalistenik.

FixMe Fitnes

Street work out sudah semakin berkbemang di berbagai kota di Indonesia, salah satunya di Salatia. Di kota kecil di pinggang Gunung Merbabu lahir FixMe Fitnes yang memofukaskan dirinya pada Kalistenik.

Berlatih di FixMe Fitnes.

FixMe fitnes hadir dengan program latihan yang berjenang dari pemula, menengah, hingga mahir. Berbagai peralatan yang mendukung kalistenik disediakan disini seperti, palang sejajar dan bar dips, batle rope, ring gymnastic, dan lain sebagainya.

Menu latihan FixMe Fitnes perseorangan atau grup.

Ada beberapa program yang diberikan antaralain; pengurangan berat badan/weight loss, proyeksi atlet, fisio terapi, pembentukan tubuh ideal, dan berkomunitas dengan pegiatn kalestenik. Bingun pilih yang mana, bisa datang dan bertanya untuk programnya apa.

Pandemi Covid19 tidak menghalangi untuk berolahraga terlebih street work out yang bisa dilakukan dimana saja. FixMe fitnes memberikan layanan latihan secara daring melaluai panggilan video. Klien akan dipandu dan diajak berlatih bersama. Jika tidak memiliki waktu yang sama dengan pelatih, bisa juga meminta program latihan. Nantinya akan diberikan program latihan beserta dengan video tutorialnya.

Ingin street work out dari rumah beserta dengan keluaarga, maka FixMe fitnes menyediakan pelatih yang bisa diundang di rumah untuk memberikan pelatihan. Dengan kemajuan informasi dan teknologi, olah raga dimana saja bukanlah halangan.

Latihan bisa sendiri, kelompok, atau secara virtual.

Olah raga ini terlihat ekstrim, namun dari cerita pegiatnya sungguh mencengangkan. Olah raga ini aman, sebab kita diajarkan tahu diri dan paham kekuatan dan kondisi tubuh. Tubuh memiliki sensor tentang seberapa batas kekuatan dan ketahanan kita, jika merasa masih oke bisa ditambah jika tidak maka harus berhenti.

Olah raga yang mengajarkan pengendalian diri, terutama memahami suara tubuh. Dengan demikian potensi cidera yang disebabkan dirisendiri itu sangat minim. Untuk mengoptimalkan latihan, seperti halnya olah raga lainnya. Ada pemanasan, peregangan, gerakan inti, peregangan lagi dan pendinginan. Jika semua dilakukan sesaui prosedur, niscaya tidak akan ada masalah-asal tahu diri.

Olah raga adalah cermin yang tidak pernah bohong.

Sebagai penutup olah raga ini memberikan banyak keuntungan. Badan akan bugar selalu dan tubuh menjadi proporsional dan ideal. Dengan demikian akan memaksa merubah polah hidup sehat guna menjaga performa tubuh. Olah raga ini juga meningkatkan kepercayaan diri, karena tubuh menjadi lebih seimbang dalam proporsi dan gerakan. Selain itu tubuh bisa lebih fokus dalam pergerakan dan kelincahan yang semakin terasah. Olah raga ini memerlukan energi yang luar bias banyak dan daya tahan yang kuat, sehingga membuat orang lebih tahan banting terhadap tekanan kondisi fisik. Sisanya, dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan murah. Salam tubuh ideal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s