Kapan Dunia Ini Ada..?

Ada yang tahu kapan Dunia ini diciptakan..? Nah kali ini mari tutup dulu kitab suci kita dan iman kita, sebentar saja. Mari kita lihat apa yang para  ahli yang diberikan talenta oleh Tuhan untuk memakai akal budinya menjelaskan ciptaanNya dengan nalar.  Ada beberapa teori yang bisa menjelaskan lahirnya dnnia ini, boleh percaya boleh tidak, tetapi tidak ada salahnya kalau kita memelajarinya bukan.

Terbentuknya Tata Surya

Teori yang pertama disebut dengan hipotesa (dugaan) nebula atau bahasa kerennya Nebular Hypothesys. Teori ini dikemukakan oleh Immanuel Kant tahun 1755. Kant mengatakan, dunia atau yang dikenal dengan tata surya atau jagat raya terbentuk dari nebula uang berotasi. Tahun 1796, Simon de Laplace mengusulkan jika planet-planet yang ada, termasuk bumi berasal dari cincin gas yang disemburkan dari ekuator matahari.

Teori yang kedua dikemukakan oleh Jeans dan Jefreey yang dikenal dengan teori pasang surut. Teori ini mengatakan saat dunia ini belum terbentuk, terdapat bakal matahari (protobintang) melintas ke bintang lain yang lebih besar. Akibatnya ada sebagain dari bagian protobintang tertarik pada pengaruh gaya tarik dari bintang yang lebih besar. Yang terjadi kemudian, bagian yang tertarik tersebut menjadi planet-planet.

Teori yang ketiga adalah teori penangkapan. Teori ini mengatakan jika tata surya terbentuk akibat interaksi antara matahari dengan protobintang. Adanyan interaksi tersebut, masa dari protobintang tertarik oleh gravitasi matahari hingga membentuk planet.

Teori yang keempat dengan sebutan big bang atau ledakan besar. Dikisahkan ada 1 bintang besar yang meledak, dan serpihan-serpihannya menjadi benda-benda langit yang kecil seperti bintang, planet, dan satelit yang kemudian bergerak secara teratur menjadi tata surya. Masih ada beberapa teori lagi, karena anda bukan orang astronomi, kita cukupkan saja sampai disini. Nah sekarang bagaimana bumi itu terbentuk, dimana sampai saat ini diyakini sebagai satu-satunya planet berpenghuni.

Terbentuknya Bumi

Ada 3 tiga teori yang digunakan untuk mengetahui, kapan bumi itu lahir. Teori yang pertama adalah teori sedimen. Teori sedimen, pendekatannya didasarkan tebal tipisnya lapisan yang terbentuk untuk menetukan umurnya. Disimpulkan bumi lahir 500 juta tahun yang lalu.

Teori yang kedua adalah teroi kadar garam. Teori kadar garam mengukur  umur bumi dihitung dengan kadar garam. Diasumsikan dahulu kala lautan adalah tawar. Bisa dibayangkan, bagaiamana membuat air yang memenuhi 75% permukaan bumi ini menjadi asin dengan kadar garam 4%. Disimpulkan umur bumi diperkirakan 1 miliar tahun

Teroi yang ketiga adalah teori radioaktivitas. Teori radioaktivitas, menghitung paruh waktu unsur radioaktif yang ada di bumi. Diperkirakan umur bumi 5-7 miliar tahun. Entah mana yang benar berapa usianya, tergantaung pendekatan yang dipakai. Nah daripada ribut, mari kita lihat wujud bumi dari dulu sampai sekarang, apakah datar atau bulat? Bukan itu yang saya maksud, bagaimana morfologinya atau bentuk permukaaanya apakah sama atau tidak.

Dengan mengetahui perubahan bentuk muka bumi ini, nanti akan berlanjut pada pokok bahasan kita selanjutnya yakni evolusi, dan lagi-lagi letakkan iman dan kitab suci daripada nanti bertengkar ngga kelar-kelar. Dari para ahli geologi, menyatakan bahwa kerak bumi mengalami perubuhana bentuk dan pergeseran akibat desakan dari dalam (endogen) dan dari luar (eksogen). Kalau saat ini masih ada gempa, itu adalah hal yang wajar karena itulah yang menyebabkan bumi ini berubah bentu keraknya. Mari lihat gambar di bawah ini.

Benua Pangea 225 juta tahun yang lalu, ini adalah kondisi saat bumi masih menjadi satu daratan. Apakah sudah ada mahluk hidup, jawabanya sudah. Berjalannya waktu, bumi terus berputar dan bergerak dan terjadilah perubahan-perubahan kerak bumi selama jutaan tahun lalu hingga saat ini. Mari kita  lihat kapan benua Pangea ini saling memisahkan diri, lihat gambar di bawah ini.

Gambar di atas merujuk pada bumi terbentuk pada 4,5 miliar tahun yang lalu. 2,5 miliar tahun yang lalu sudah muncul mahluk hidup dan berkembang sampai saat ini. Pada masa permian (225 juta tahun) masuk dalam masa paleozoik dan sudah ada mahluk hidup di dasar laut. Masa tersebut kemudian berkembang pada masa triasik (200 juta tahun) pada periode mesozoik dimana hewan-hewan darat sudah ada dan benua Pangea sudah terpisah menjadi Laurasia dan Gundwana.

Dunia berubah bentuk lagi dan pada masa Jurasik 135 tahun yang lalu sudah muncul hewan-hewan raksasa hingga maka kretaseus 65 juta tahun yang lalu. Pada jaman tersebut sudah terbentuk benua-benua dan terpisah dengan samudra. Pada saat ini di periode cenozoic bumi sudah seperti apa yang kita lihat, dan hewan-hewan di masa sebelumnya sudah banyak yang punah dan masih ada beberapa saat ini seperti komodo,  ikan purba coelacanth, dan termasuk mikroorganisme. Pemetaan usia bumi tersebut dilakikan berdasarkan fosil-fosil temua dengan banyak pendekatan untuk mendapatkan penanggalan yang tepat dan akurat.

Memang sangat sulit mengukur masa lalu, lebih baik masa depan saja kan ya, meskipun juga akan lebih susah. Lantas kapan, kehidupan itu muncul di bumi dan mahluk apa yang pertama itu lahir.

Mahluk Pertama di Bumi

Ada yang masih ingat, mahluk hidup tersusun dari apa saja? Jika teman-teman lupa silakan lihat gambar di bawah ini. Inilah penyusun mahluk hidup, lihat dan pahami apa saja isinya. Lantas bagaimana kisah selanjutnya, siapa mahluk hidup pertama kali di Bumi?

Baiklah, kali ini kalian ambil kitab suci kalian. Saya coba menjelaskan tentang teori penciptaan berdasar Injil. Dalam injil dikisahkan ada 6 hari penciptaan. Hari pertama Tuhan menciptakan terang, artinya Tuhan menciptkan energi dala bentuk cahaya. Sebut saja cahaya itu bintang, dalam bintang yang terdekat dengan kita adalah matahari. Matahari denhan sinarnya memancarkan gelombang elektromagnet yang merupakan sumber energi.

Tuhan selanjutya menciptakan cakrawala, memisahkan daratan dan lautan, artinya Tuhan sedang menciptakan habitat atau tempat tinggal bagi mahlukNya. Selanjutnya Tuhan menciptakan Tumbuhan. Mengapa Tumbuhan, karena dia adalah organisme autotrof atau yang bisa menciptakan makanannya sendiri. Setelah tumbuhan, baru diciptakan hewan dan terakhir adalah manusia. Itu penciptaan versi injil dan dapat dilogika.

Sekarang bagaimana versi sainsnya, mari kita lihat gambar di bawah ini. Gambar di bawah menunjukan tentang bagaimana jagat raya terbentuk hingga saat ini. Bumi lahir sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, kemudian 4 miliar tahun yang lalu sudah ditemukan sel prokariotik tanpa inti. Dan disinilah awal kehidupan itu dimulai.

Setuju atau tidak setuju, kehidupan diawali dari rangkaian atom-atom, unsur, dan senyawa yang tersusu secara acak. Susunan yang kompleks ini kemudian terseleksi dan beradaptasi maka muncullak kehidupan. Percayalah saat itu Tuhan tidak sedang main dadu, tetapi Dia menciptakan dengan penuh perhitungan yang rumit hingga waktu itu diceritatakan pada Nabi Musa, sayangnya nabinya tidak sampai pikirannya mencerna apa yang Tuhan ciptakan. Akhirnya biar mudah dibuatlah seperti yang ada di Injil. Saat ini ilmu pengetahuan sudah merangsek sampai lebih dalam, sehingga kita bisa mengagumi karya penciptaan Tuhan. Alhasil kasihinilah Tuhal Allahmu dengan segenap akal pikiranmu terpenuhi. Mari kita pakai akal dan pikiran untuk mengasihiNya.

Kembali lagi. Mahuluk hidup awal mula sudah ada, namun belum sempurna karena hanya hidup saja dan belum bisa berkerja apa-apa. Ibarat mobil hanya mesinnya saja yang menyala dan belum bisa berjalan atau menyalakan musik. Nah pada 3,5 miliar tahun yang lalu munculah mikroorganisme fotosintesis. Organisme ini memanfaatkan cahaya untuk mendapatkan energi lalu mengubah apa yang dimakannya menjadi zat yang menghidupi. Fotosintesis memanfaatkan air dan karbondioksida yang sangat melimpah pada saat itu menjadi gula dan oksigen. Nah oksigen inilah yang memicu munculnya kehidupan selanjutanya. Organisem mula-mula itu bernama sianobakteria dan saat ini masih ditemukan, dialah mahluk yang paling berjasa. Munculnya oksigen kemudian akan memunculkan mahluk-mahluk lainnya hingga manusia.

Mau tau lebih detail ceritanya…? Minggu depan ya… di bab Evolusi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s