Enoki yang Tidak Hoki

https://www.sciencephoto.com/media/14722/view/enoki-mushrooms-flammulina-velutipes-Enoki mushrooms (Flammulina velutipes) dalam koloni (https://www.sciencephoto.com/media/14722/view/enoki-mushrooms-flammulina-velutipes-)

Enoki (Flammulina velutipes) sedang apes dan menjadi kambing hitam gegara ada Listeria monocytogenes. Lebih apes lagi importir, distributor, dan produsennya. Tak kalah apes teman saya yang ngidam dan barusan beli enoki terpaksa membuang ditempat sampah gegara ada berita di medsos. Apa salahmu enoki?

Enoki tidak sedang bersalah, namun mungkin penanganan pasca panen yang kurang tepat sehingga, Listeria monocytogenes ikut terbungkus. Inilah yang menjadi awal mula petaka, karena bakteri Listeria monocytogenes dapat menyebabkan infeksi pada tubuh manusia dan hewan.

Listeria monocytogenes adalah bakteri gram positif dan bersifat patogen. Bakteri ini adalah anaerobik fakultatif, artinya dapat hidup dengan oksigen atau tanpa oksigen. Penyakit yang ditimbulkan adalah listeriosis.

Bakteri Listeria monocytogenes

Infeksi listeriosis ditandai dengan seperti demam, nyeri otot, mual, muntah, dan diare. Gejala ini bisa berkembang, seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang. Penyakit ini bisa berakibat fatal pada ibu yang mengandung, lansia, dan mereka yang memiliki imunitas rendah.

Listeria monocytogenes tersebar dimana-mana dan mudah ditemukan pada air atau tanah yang tercemar. Penularan bisa langsung atau lewat agen seperti binatang atau melalui tumbuhan, dan kali ini adalah jamur enoki.

Lantas bagaimana mengatasi adanya kontaminasi jamur enoki? Tidak hanya enoki yang menjadi habitat bakteri Listeria monocytogenes, sayur, buah, dan daging dengan penanganan yang kurang baik bisa terkontaminasi. Apesnya saja, enoki yang di periksa, sedangkan yang lain belum, mungkin saja ada.

Cara paling praktis adalah letakan setiap bahan makanan dengan wadah terpisah agar menghindari kontaminasi silang. Masukan dalam ruangan pendingin. Namun yang unik dari Listeria monocytogenes dia dapat tumbuh baik pada suhu 20-25C, dan pada suhu dingin 4C dia masuh dapat tumbuh dan berkembang biak, baru pada suhu minus dia menurun.

Kurva pertumbuhan Listeria monocytogenes

Jangan kawatir dengan enoki yang ada Listeria monocytogenes selama tidak dimakan mentah atau dijadikan lalapan. Selama ini jarang ditemukan orang mengonsumsi jamur secara mentah, namun dimasak. Proses pemasakan dengan dipanaskan sudah sangat ampuh membunuh Listeria monocytogenes sampai ke anak cucunya, jadi jangan kawatir.

Lantas apa yang menjadi catatan adalh potensi kontaminasi silang. Enoki yang terkontaminasi Listeria monocytogenes dapat menularkan pada sayuran atau bebuhan yang ada dalam satu kemasan atau satu tempat. Tangan kita mungkin menyentuh secara tidak sengaja dan memindahkan bakteri tersebut. Makan yang terkontaminasi silang tersebut berpotensi menjadi agen infeksi jika tidak dicuci bersih atau diolah dengan pemanasan.

Sebagai penutup, tidak perlulah kita kawatir. Kalau mau jujur, banyak di luar sana bahan pangan yang tercemar bakteri patogen yang tidak kita sadari. Selama proses pengolahan itu baik dan benar, maka amanlah. Selain itu jaga kebersihan, sanitasi, dan hindari kontaminasi silang. Enoki, kamu sedang apes ketahuan…

2 thoughts on “Enoki yang Tidak Hoki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s