Terpana Soluopa Air Terjun di Tengah Belantara

saulopa4

Riuh kicauan burung terdengar merdu. Serangga-serangga hutan dengan kepakkan sayapnya berisik ditelinga. Auman primata-primata hutan yang tidak tahu dari mana datangnya bersahut-sahutan. Belantara Sulawesi benar-benar terasa manakala seluruh penjuru mata melihat hanya pepohonan besar menjulang ke atas. Sungai yang jernih mengalir deras. Riuh jeram air terdengar begitu jelas dan di depan mata terlihat seperti menara bertingkat dengan tirai dari aliran sungai. Air terjun Saluopa, mengingatkan saya akan Oehala di Timor Tengah Selatan-NTT, namun ini di Tentena-Sulawesi Tengah.

Dari pusat kota Poso menuju Tentena yang berjarak sekitar 60 km ditempuh dengan jalan darat sekitar 2 jam. Sepanjang perjalanan akan menikmati keindahan perbukitan dan kesejukan udara, karena berada di ketinggian sekitar 600 mdpl. Hutan yang masih alami tertembus oleh jalan trans Sulawesi yang mengubungkan Sulawesi Tengah dengan Sulawesi Selatan dan Tenggara. Begitu sampai di Tentena, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Wera yang berjarak sekitar 15 km. Kali ini perjalanan akan menyisir danau Poso dari sisi selatan. Sebuah penjor menandakan memasuki Desa Wera yang mayoritas beragama Hindu karena penduduknya adalah transmigran dari Bali.

Air terjuan Saluopa/Salopa berjarak sekitar 3 km dari Wera dan tinggal mengikuti jalan satu-satunya. Rumah ada Sulawesi Tengah yang berupa rumah panggung menjadi gerbang pintu masuk menuju Salopal. Tiket masuk seharga Rp 5.000,00 menjadi retribusi resmi untuk masuk lokasi. Sungai yang jernih dan deras menadakan besarnya debit air terjun Saluopa dan tak sabar kaki ini untuk melangkahkan kaki ke sana.

Jalan yang sudah diperkeras dengan semen memandu langkah kaki pada suara gemuruh air. Kios-kios kecil ada di sepanjang jalan yang menjajakan makanan ringan dan buah pisang dan pepaya yang ranum. Kebun cokelat berada di sisi kanan dan kiri jalan. Begitu menyebrangi sungai ke dua, maka akan masuk hutan Sulawesi. Di tengah-tengan hutan belantara, rasanya seperti di hutan kota. Tiang-tiang lampu penerangan jalan, bangku-bangku berlapis keramik ada di tepi jalan. Sangat mewah sekali Saluopa sehingga dibangungkan sarana prasarana yang cukup mewah untuk ukuran wisata di tengah hutan.

Akhirnya kaki menginjak dasar air terjun. Aliran air yang deras terjun bebas dari tingkatan-tingkatan bebatuan gamping yang berundak-undak. Konon katanya ada 15 tingkat air terjun ini. Rasa penasaran menyeruak manakala mendengar 15 tingkat dan kaki ini melangkah melewati jalan setapak yang menggiring menuju puncak air terjun. Setiap langkah kaki sewajibnya harus berhenti karena sayang jika dilewatkan sudut-sudut indah Salopa. Berkali-kali kemara ini merekam pergerakan air melewati undakan batu gamoing raksasa. Baru kali ini saya melihat air terjun yang bertingkat, selain Oehala di SoE.

Sesaat di puncak air terjun saya termenung manakala melihat para pelancong yang berdatangan. Sepasang turis berkebangsaan jerman duduk di ujung batu tepi air terjuan. Wajah-wajah Jepang berada diteras air terjuan nampak riang bukan kepalang. Beberapa turis berambut pirang sedang bermain air menikmati hempasan jeram. Saya bertanya di mana wajah-wajah orang Sulawesi atau Indonesia, yang pasti segelintir saja. Sebuah keindahan alam yang membuat saya heran, mengapa orang asing berbondong-bondong ke sini, sedangkan orang domestik sulit saya temui. Kemungkinan mahalnya akses ke sini, atau tiadanya informasi. Yang pasti bumi Sulawesi sudah menunjukan pada dunia, ini Saluopa.

VIDEO ada Di SIni https://www.youtube.com/watch?v=LE8ZyrWGfn8

4 thoughts on “Terpana Soluopa Air Terjun di Tengah Belantara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s