Kotak Hitam Tambang dan Monster Pengangkut Batu

14258865842113464776

Di lokasi pertambangan, ibarat hanya impian dan jika itu menjadi kenyataan layakanya berada di dimensi dunia lain. Saya seperti sebuah Homo floresiensisyang hidup di jaman jurassic. Manusia kerdil yang berada di tengah-tengah raksasa dan dunia megalitikum, seprti itulah manakala kedua kaki ini menginjakan sepatu boot di tengah-tengah pertambangan. Dinosaurus yang bernama haul truk hilir mudik, begitu juga dengan budaya batu besar manakala bongkahan batu seperti barang-barang kecil dan ringan. Ingin rasanya mendekati raksasa-raksasa itu, namun apa daya standar keselamatan tidak memperbolehkan itu terjadi.

14258866871256788370

Akhirnya rasa penasaran itu terbalas manakala ada ijin kusus dan pengawasan yang ketat. Monster besar yang sedang tertidur pulas dan keempat rodanya terkunci memberikan keamanan untuk menjamah tubuhnya. Tidak terbayangkan jika monster ini sedikit saja menggeliat dari tidur pulasnya, alhasil tubuh mungil ini tinggal cerita saja. Haul truk yang sedang terparkir berjajar rapi memberikan kesempatan pada pengunjung untuk bisa melihat dan menyentuhnya lebih dekat, bahkan menaikkinya juga diperbolehkan. Saya tidak bermimpi.

Haul truck menjadi ikon pertambangan, gegara tubuhnya yang mengalami gejala gigantisme. Jangankan satu truk ituh, sebuah rodanya saja bisa menarik pengunjung untuk beramai-ramai mendekatinya. Sebuah indikasi, properti tambang ini bisa menjadi daya tarik wisatawan. Harganya yang puluhan miliar rupiah menjadi daya tarik selanjutnya, kapan lagi bisa naik mobil mewah miliaran rupiah. Saya hanya bagian dari mereka yang terkagum saja, karena melihat benda ini begitu asing dan tak sembarang orang bisa menaikinnya.

1425886761356930968

Berbicara wisata tambang, tak lepas dari dunia edukasi. Museum adalah salah satunya yang akan berbicara banyak. Sebuah bangunan tua, di tepi jalan besar yang kanan belakangnya hutan belantara menggelitik diri ini untuk melihat lebih dekat. Ternyata tempat ini adalah gudang batu hasil pengambilan sampel oleh para geolog. Di sinilah sebenarnya pangkalan data tambang di simpan. Seluruh perut bumi sedalam ratusan meter semua ada disini data-datanya.

14258870311232373278

Bisa dibayangkan perut bumi dibor ratusan meter. Hasil pengeboran berupa batuan berbentuk silinder mengikuti aliran bor dengan beragam pola-pola batuan. Dari sini diketahui apa saja yang ada di dalam tanah. Ratusan titik pengoboran dengan jarak tertentu digunakan untuk memetakan kandungan batuan dalam perut bumi. Selain memetakan kandungan apa saja di dilamnya, juga bisa digunakan untuk menaksir berapa banyak kandungan dan tenis bagaiamana nantinya untuk diekplorasi.

14258868532016652275

Di gudang ini kepakaran geolog benar-benar di pertaruhkan. Proyek dengan nilai yang sangat besar ini menjadi jawaban dari kerja keras mengebor perut bumi. Keputisan besar penambangan di ambil dari sini, sehingga tempat inilah yang menjadi saksi bisu awal penambangan hingga akhirnya. Tidak sebentar waktu yang dibutuhkabn untuk menghasilkan koleksi bebatuan di sini. Peralatan berat harus didatangkan dengan susah payah, lalu dibor dengan tak kalah susahnya, hingga harus di analisa dan dipetakan kandungannya.  Tidak salah jika saya menyebut tempat ini adalah kotak hitam tambang, karena segala sesuatunya bisa dilihat di sini. Jika suastu saat tambang ini tidak beroprasi, maka tempat ini bisa menjadi salah satu museum yang menarik dan mahal. Tidak hanya museum, tetapi juga bisa menjadi laboratorium buat para geolog yang ingin mendalami ilmu bumi khususnya bebatuan mineral.

1425886977624156464

Tambang tak hanya semata-semata tentang dunia dengan alat-alat berat. Ada dunia lain yang menarik dalam lokasi tambang. Berwisata dengan monster-monster pengangkut batuan, hingga belajar di kotak hitam tambang. Saat ini mungkin hanya kunjungan terbatas saja untuk melihat dari dekat sisi menarik dari sebuah dunia tambang, tetapi suatu saat nanti bisa lebih intim untuk berwisata dan belajar di dunia tambang. Terimaksih buat PT. Newmont Nusa Tenggara untuk kesempatan istimewa ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s