Pulang Dari Tambang

k3

Sudah biasa saja, kalian pasti jarang travelling ya..?” kata mas Toro yang biasa di panggil dengan Cumi. Kata-kata dia begitu menarik bagi saya manakala melihat ekspresi teman-teman manakala hasru berpisah setelah seminggu bersama. Ada yang merasa berat ada juga biasa saja. Bagi mereka yang biasa bertemu dan berpisah, adalah yang lumrah karena sering berpegian dan bertemu dengan beragam orang, tetapi bagi yang tidak biasa adalah sesuatu yang berat.

Seminggu sudah kami di pertambangan Newmont Nusa Tenggara dan area di luar tambang. Bagi saya banyak hal yang bisa saya dapatkan, terutama kasanah pengetahuan baru seputar pertambangan dari hulu hingga hilirnya. Dari awal sebuah angan, mimpi dan akhirnya menjadi sebuah kenyataan setelah penantian panjang. Nada-nada sumbang mengiringi perjalanan, bagi mereka yang sudut pandangnya adalah sisi negatif tentang tambang; kapitalis, kerusakan lingkungan, ketimpangan sosial hingga unsur politis. Sebuah konsekuensi yang harus diterima dengan orang-orang yang bersebrang pikiran, tetapi mimpi harus jalan terus.

1423534399931127585

Pertama kalinya menjejakan kaki di Batu Hijau setelah penantian yang lama (dok.pri).

Sebelum pulang sebuah pesan sederhana dari mereka yang ada pertambangan “yang baik-baik kalian bawa pulang, yang buruk berikan pada kami untuk perbaikan, lalu informasikan di sini ada apa dan apa yang terjadi tanpa harus ditutup-tutupi”. Sebuah angin segar bagi kami untuk melihat, meraba, hingga berargumen dengan mereka yang pakar dan menjadi sebuah diskusi yang hidup dan saling mencerahkan. Saat kami diminta rekomendasi, saya hanya berpikir “saya masih terlalu bodoh untuk memberikan rekomendasi pada mereka yang jauh lebih ahli, kami hanya disini hanyalah parasit saja yang sebentar lagi akan dipulangkan setelah banyak mendapatkan pengetahuan”.

1423534555633516868

Momen paling epic dalam kamus saya. Terlihat pak Budi (jongkok paling depan) usai menekan tombol rana pengatur waktu kamera, berlari untuk berpose bersama. Dia tidak sadar di posisi air yang tergenang (dok.pri).

Lantas ada yang bertanya dapat apa selama seminggu di sana..?. Terlalu dini menyimpulkan mendapat apa, sebab belajar tambang tidak cukup sesingkat itu. Mereka yang kuliah tetang tambang atau metalurgi butuh 4 tahun, itupun belum sepenuhnya menguasai, terlebih kami yang hanya 5 hari efektif saja. Namun saya pulang juga tak ingin dengan tangan hampa, tetapi ada beberapa buah tangan yang siapa tahu berguna buat saya atau mereka yang ingin tahu. Yang pasti kami mendapat sebuah sudut pandang tentang pertambangan yang menjadi visi dan misi dari perusahaan. Ada tanggung jawab dari proses eksplorasi, walau kadang tidak semua terpenuhi. Pelajaran terpenting bagi kami adalah sebuah kehidupan dan prosesnya yang tertata dengan rapi dengan beragam aturan, kaidah dan norma yang harus ditaati.

1423534479524800558

Sepertinya belum mau pada pulang (Dok.pri).

Dibalik apa yang kami dapatkan, ternyata banyak sekali pelanggaran yang kami lakukan. Masalah waktu, jangan tanya pasti kami orang yang sering terlambat, terlebih bangun pagi-pagi. Urusan keamanan, kerap kami menjadi orang yang tidak mengindahkan. Dari jalan kaki di jalur pedestrian, hingga tidak mengenakan sabuk pengaman. Seprtinya kebiasaan diluar sana masih terlalu melekat kuat didalam tindakan kami. Pelan-pelan kebiasaan buruk itupun terkikis, entah jika kembali kehabitat asli nanti.

1423534511884137918

Kita harus pulang usai berlari mengejar mimpi (dok.pri).

Akhirnya waktu juga yang harus mengakhiri penantian dan perjalanan panjang ini. Satu persatu ID card kami ditarik dan tukar dengan ticket pulang. Dalam perjalanan kami masih bersama teman-teman dari darat, laut dan udara. Biarlah orang-orang berkata “kami dicuci otaknya”, tapi disana memang kami mencuci otak kami sendiri-sendiri dari bayang-bayang keburukan dan akhirnya kami menemukan sisi baiknya. Sisi buruknya tetap kami tinggalkan agar menjadi perbaikan buat mereka, “aku ingin pulang, terimkasih #NewmontBootcamp“.

Advertisements

8 thoughts on “Pulang Dari Tambang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s