Wonderful Indonesia : Saonek Mondi Sudut Taman Laut Raja Ampat

DCIM105GOPRO

“Syo.. Ya Tuhan..Trima..kasih” merinding saya mendengar lagu tersebut dalam perjalanan laut menuju Raja Ampat. Mata ini tak habisnya menikmati gugusan pulau-pulau sepanjang pelayaran dari Sorong menuju Waisai. Lagu Tanah Papua begitu menghipnotis dan saat benar-benar direnungkan saya sadar sebentar lagi akan menginjak tanah yang menjadi impian banyak pelancong dari penjuru dunia, Raja Ampat.

Imajinasi kita tentang Raja Ampat pasti tidak meleset jika menyebut nama Wayag. Gugusan batu-batu gamping yang menyembul dari dasar laut yang berceceran di sisi barat pulau Waigeo. Wayag selalu menjadi magnet dan batu penjuru untuk Raja Ampat. Pesona lansekapnya benar-benar menjadi kutub tersendiri buat para pelancong. Begitu kaki sudah menginjak tanah empat raja, maka saya harus kembali bermimpi untuk merengkuh Wayag.

14085112441618771636

Untuk menginjak Wayag minimal harus merogoh dompet sekitar 17 juta untuk perjalan 1 unit kapal cepat yang berkapasitas tak lebih dari 10 orang. Wayag kecil yang biasa di sebut Pianemo sudah memiliki tarif sekita 10 juta. Saya hanya diam lemas, karena tak mungkin bisa membayar sebanyak itu. Namun Raja Ampat bukanlah Wayag atau Pianemo, namun jika jeli sejengkal tanah di sana benar-benar memiliki keindahan yang luar biasa.

Dengan mebayar 120 ribu akhirnya sebuah long boat menghnatar saya menuju pulau yang terdekat dengan Waisai. Penduduk setempat menyebutanya dengan Saonek Mondi yang artinya Saonek Kecil. Memang kecil pulau ini, karena hanya butuh waktu kurang dari 30 menit untuk mengelilinginya. Di sisi barat pulau ini terdapat pulau Saonek yang menjadi tempat singgah pertama kali penduduk Raja Ampat.

Pulau yang sepi, sebab tidak ada penduduk yang tinggal di sini. Tanpa alas kaki saya segera melompat dari long boat dan saat itu saya mencatatkan diri satu-satunya orang yang berdiri di pulau itu. Pulau dengan hutan pantai yang lebat benar-benar masih terlihat alami. Pohon kelapa, beringin, ketapang, nyamplung menjadi penghuni pulau yang nampak hijau.

1408511298761696184

Byur…. saya melompat dari ujung dermaga untuk langsung melihat pesona bawah airnya. Laut dengan kedalaman sekitar 4 meter langsung membius saya untuk masuk semakin dalam. Ikan-ikan karang dengan beraneka macam warna hilir mudik mengelilingi sosok tubuh yang terengah-engah menghirup udara. Pelan-pelan saya mendekati ikan-ikan karang dengan bentuk yang unik-unik, seolah saya menjadi salah satu tukang gambar dalam film animasi Finding Nemo.

Kamera bawah air saya terus saja bekejar-kejaran dengan ikan yang sedari tadi benar-benar meledek saya agar masuk lebih dalam. Akhirnya saya mencapai dasar dan benar-benar sedang berada dalam kebun binatang dalam air. Banyak yang tidak mengetahui terumbu karang adalah hewan, sebab warna dan bentuk mereka mirip tumbuhan. Tumbuhan di laut hanya rumput laut/alga dan lamun, sisanya adalah binatang.

1408511382190610562

Karang lunak dan keras benar-benar menggoda saya. Acropora yang runcing bak jalanan makadam yang menbentang, sedangkan karang otak menjadi batu-batu raksasa dengan mulut-mulut kima yang mengagan di setiap sisinya. Karang-karang lunak sedari tadi terus saja menari-nari mengikuti pergerakan arus laut. Ikan-ikan cantik yang mungil nampak menyelinap di balik anemon yang terus saya bergoyang.

14085114541071960424

Pesona laut raja ampat memang sudah kondang di segala penjuru dunia. Di sebuah pulau kecil yang jarang dilirik orang saya merasa berada dalam sebuah taman lengkap dengan penghuninya. Impian saya tentang Wayag atau Pianemo sepertinya sirna sudah saat sata benar-benar kerasan menikmati surga bawah air di sini. Dari pulau mungil ini saya kembali teringat lagu tanah Papua yang mengalun indah. Hanya rasa syukur bisa di ungkapkan dari setitik surga yang tercecer tersebut. Syo.. Ya Tuhan..Trima..kasih

6 thoughts on “Wonderful Indonesia : Saonek Mondi Sudut Taman Laut Raja Ampat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s