Wonderful Indonesia : Nemo di Waiwo

 

IMG_6988

Gadis kecil dengan dengan riang berlari menuju sebuah kubangan. Dengan cekatan dia mengaduk-aduk air yang terjebak oleh fenomena air meti. Dengan sebuah gelas plastik sisa air mineral dia mengambil sesuatu. Sebuah pemandangan luar biasa yang saya saksikan seumur hidup. Dari jarak kurang 20 meter dari pantai gadis kecil ini bisa mendapatkan ikan anemon (Premnas biaculeatus).

Saya termenung di bawah rimbunnya pohon Ketapang (Terminalia catapa), dan daunnya menjadi kanopi bak payung raksasa. “Bagaimana bisa ikan berwarna merah muda itu mudah ditemui, bukankah biasanya berada di gugusan bunga karang anemon,” saya baru tersadar jika ini raja ampat. Saya berada di selatan Pulau Waigeo tepatnya di Pantai Waiwo.

1403676775670573773

Waiwo berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Waisai. Jalan aspal dan berkelak-kelok menjadi rute menuju pantai indah ini. Tebing-tebing kapur dipangkas, rawa-rawa ditimbun untuk membuka akses menuju pantai ini. Kebetulan jalan menuju Pantai Waiwo satu arah dengan bandar waisai yang saat ini sudah beroperasi.

1403676827461012839

Memasuki pintu gerbang Waiso Dive Resort, maka hutan pantai akan menyambut. Lokasi yang dipertahankan alami menjadi nilai tambah pantai ini. Nyaris tidak ada yang modern, namun inilah menariknya pantai ini. Rumah-rumah panggung berukuran kecil menjadi tempat singgah dan menginap bagi wisatawan. Hitungan tarif di sini dikenakan per kepala dan rerata harganya 600 ribu per malam.

Kebetulan saat saya datang air laut sedang meti. Meti dalam bahasa setempat adalah air surut. Awalnya saya tidak tahu banyak orang-orang bilang air meti, lama-lama tahu juga apa makna di balik kata meti. Pantai yang sepi pengunjung, benar saja pantai ini menjadi milik saya dan beberapa teman yang berkunjung.

1403676936464885295

Pasir putih yang luas, ombak yang tenang dan pemandangan hutan pantai sungguh menawan. Saya berjalan menyusuri pantai entah mengapa saya tergelitik dengan makhluk crustaceae yang lari dan manuvernya begitu lincah. Hewan bercangkang ini sepertinya ingin mengajak bercanda, namun saya lebih tertarik pada padang lamun.

Bangsa Alismatales mendominasi batas-batas pantai dengan perairan dangkal. Kita lebih familiar dengan padang lamun yang ekosistemnya di perairan hangat dan berpasir. berada di kawasan pasang-surut membuat tumbuhan ini bak makhluk amfibi. Tumbuhan inilah yang menjadi pembatas daratan dan terumbu karang. Ibarat hutan di dasar laut, maka padang lamun menjadi mikrokosmos bagi hewan-hewan air yang mencari perlindungan, memijah dan mencari makan.

14036770061120734408

Tak sabar rasanya ingin segera masuk dalam lautan kaca. Air dengan yang jernih seolah bisa melihat makhluk-makhluk aneh di dasar perairan. Waiwo Diver Resort menyediakan fasilitas bagi para penikmat dunia bawah air. Untuk penyelaman dikenakan tarif 500 ribu sedangkan untuk snorkling 50 ribu sepuasnya.

Akhirnya tubuh ini terhempas juga ke dasar perairan. Jernihnya air dan dangkalnya terumbu karang membuat badan ini hampir telungkup di hamparan arcopora. Terumbu karang mirip tumbuhan kaktus ini begitu melimpah di lokasi ini dan menjadi indikator perairan yang baik.

14036770641105278812

Semakin ke dalam karang-karang semakin beraneka macam jenisnya. Karang keras dan karang lunak terhampar seluas mata memandang. Ikan-ikan karang dengan kulit tubuh berwarna-warni berseliweran ke sana kemari. Paling menggelitik saat bertemu dengan rumbai-rumbai anemon dan berharap ikan belang oranye segera keluar.

Di dasar perairan berceceran hewan-hewan laut yang unik. Bintang laut dengan malasnya tiduran di sela-sela karang dengan bentuk tubuh yang jelek karena tidak simetris lagi. Timun laut atau teripang nampak tenang-tenang saja, mungkin dalam hatinya dia merasa aman karena tidak memiliki nilai ekonomi.

1403677131747765654

Waktu juga yang harus menghentikan melihat surga bawah air ini. Saat muncul di permukaan langit sudah kelabu dan rintik hujan, maka saatnya kembali menjadi makhluk terestrial. Waiwo mungkin saat ini langkah kaki berhenti, suatu saat kan kembali kuselami. Repihan Raja Ampat salah satunya ada di sini, waiwo.

 

 

4 thoughts on “Wonderful Indonesia : Nemo di Waiwo

  1. Di satu sisi kagum karena Nemo bisa ditemukan di dekat wilayah pantai, tapi di sisi lain menyayangkan juga kalau mahluk-mahluk laut yang tejebak itu hanya menjadi “mainan” penduduk setempat yang mungkin belum memahami perlunya pelestarian alam nih Dhave

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s