Babad Alas Mertani

IMG_0136

Adu kadigdayan tak terelakan saat para raksasa ini mengepuk sang ksatria. Segela jurus dikeluarkan, segalam macam senjata dikenakan, namun sang ksatria tak gentar. Akhirnya raksasa itupun tumbang satu persatu dan ksatria memenangkan pertarungan. Sekelumit cerita dari sebuah pertunjukan sendra tari yang mengisahkan babat alas mertani.

Baru kali ini saya mendengar sekaligus melihat sebuah perusahaan memiliki program CSR lewat kesenian. Dalam gedung mirip garasi pesawat terbang ini, saya diarahkah oleh pagar hidup berupa 250 pohon jagung yang ditata membentuk jalan beralur.

IMG_0067

Kartu undangan mengarahkan saya pada sebuah kursi dibaris nomor 3 yang diperuntukan untuk tamu undangan khusus. Sebuah kehormatan tentunya nama saya tertulis di situ. Duduk tak berapalama sang pembawa acara muncul dan mulai membacakan susunan acara.

Akhirnya acara yang ditunggu pun datang yakni sendra tari dengan kisah babat alas mertani. Sepasang penari laki-laki dan perempuan muncul dari balik layar. Seorang ksatria agung menari dengan gagahnya, sedagkan pasanganya menari dengan penuh keanggunan.

inilah kisah mereka memulai pekerjaan untuk membuka lahan pertanian. Tak berapa lama akhirnya banyak pengikut mereka untuk ikut bercocok tanam dan menggarap lahan baru. Sebuah harapan baru muncul saat benih-benih ini ditanama dan tumbuh dengan suburnya.

IMG_0210

Tunas jagungpun menjadi pohon yang semakin besar dan mulai memunculkan bunga-bunga. Mereka sibuk mempersiapkan orang-orangan untuk menghalau para perusak tanaman jagung. Orang-orangan ini bertugas untuk menakut-nakuti, tetapi ada daya boneka ini malah ketakutan sendiri.

Sosok-sosok raksasa jahat mulai menghantu dan merusak lahan jagung mereka. satu persatu pohon jagung dirusak seperti merusak mimpi sang ksatria dan pengikutnya. Segela cara ditempuh untuk mengusir raksasa jahat ini dan akhirnya sang ksatria turun tangan sendiri.

Pertarungan hebat dimulai. Raksasa dengan tingkah laku yang licik mulai menggoda, bernegosiasi namun sang ksatria tak bergeming. Akhirnya tak ada pilihan selain membasmi sang perusuh ini. Pertarungan yang sengit mampu mengalahkan raksasa dan mengembalikan mimpi-mimpi para petani.

Saatnya panen tiba, semua bersuka cita. Dewi kesuburan terbang kesana kemari untuk ikut dalam pesta ini. Semua tumpah ruah merayakan kemenangan dari sengkala jahat. Kini alas mertani sudah gemah ripah loh jinawi. Tak ada lagi raksasa yang akan mengusik mereka.

IMG_0229

Namun tak ada musuh yang abadi, maka musuh terlahir kembali pada sifat-sifat manusiawi. Tamak, serakah dan egois mulai menghantui dan kini menjadi tantangan baru buat para ksatria untuk menghadapi. Ceritapun berakhir…

Luar biasa acara ini. Baru kali ini ada buruh didapuk menjadi penari, penyanyi, pemain musik dan penyaji acara ini. Saya hanya berguman dan menantikan sebuah kerinduan, kejutan apalagi yang akan datang…

10 thoughts on “Babad Alas Mertani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s