Eropa Ala Kilo 12 dan Batu Purba Fatumnasi

Dari Kilo 12, bisa memadang panorama lansekap gunung Mutis (dok.pri).

Dari Kilo 12, bisa memadang panorama lansekap gunung Mutis (dok.pri).

Tempat yang indah ini namanya nyaris jauh dari estetika keindahan. Kilo 12 demikian nama yang diberikan untuk sebuah bukit yang terletak dipinggir jalan menuju desa Fatumnasi. Mengapa tempat ini indah, karena pesona lansekapnya yang luar biasa. Dari tempat ini, mata akan luas memandang perbukitan dan lembah hingga gunung Mutis yang menjulang 2.247mdpl.

Kabupaten Timor Tengah Selatan, salah satu daerah di Nusa Tenggara Timor. TTS adalah kabupaten dengan kekayaan alam yang lengkap. Dari tepi pantai hingga puncak gunung tertinggi di Pulau Timor. Tidak salah jika kabupaten ini memiliki potensi wisata yang luar biasa, namun sayang belum tersentuh dengan baik.

1380014024606528470
Sangat di sayangkan jika tidak berhenti sesaat di tempat yang eksotis ini. (dok.pri)

Sekitar 15Km dari SoE menuju desa Fatumnasi, sangat sayang jika tidak berhenti sesaat. Inilah lokasi yang digadang-gadang menjadi tujuan untuk selayang pandang. Mata kita akan dimanjakan oleh aura alamnya yang eksotis. Di ketinggian lebih dari 1000mdpl memiliki udara yang sejuk berdiri sebuah bukit tepat di Kilo 12.

Tempat ini masih kosong dan nyaris tidak ada fasilitas wisatanya. Bagi pecinta fotografi lansekap tempat ini sangat cocok untuk melukis hamparan pemandangan alam. Bukit dengan padang rumput menghijau dengan beberapa pepohonan yang menjadi selingan. Puncak Gunung Mutis nampak menyembul di kejauhan sana. Benar-benar mata ini dimanjakan oleh kilo 12. Cahaya matahari yang terik seolah tak mempu memanaskan tempat ini yang benar-benar sejuk.

13800140851556581111
Pesona dusun-dusun di Fatumnasi masih menyimpan kekayaan masa lalu berupa Rumah bulat dan kota di samping bangunan modern (dok.pri).

Desa Fatumnasi dengan kekayaan panorama lansekap yang luar biasa tak berhenti di Kilo 12 saja. Salah satu tujuan selanjutny adalah Fatu Kolen, Fatu Taapan, Fatu Naususu. Tempat tersebut adalah kompleks batu-batu purba. Batu-batu tersebut memiliki bentuk yang aneh-aneh sehingga terlihat unik. Inilah salah satu atraksi alam dengan warisan masa lalu.

13800141521487086456
Inilah batu purba yang tertata apik oleh alam. Keelokannya menambah pesona TTS (dok.pri).

Untuk menuju kompleks batu tua, perjalanan sangat menarik karena melewati dusun-dusun. Rumah bulat dan kotak hampir dapat ditemui di sepanjang perjalanan. Senyum ramah penduduk sangat hangat sekali disaat udara dingin semakin menusuk tulang. Sapaan mereka seperti sudah menganggap kita menjadi sodara jauh yang siap dijamu dengan sirih pinangnya.

1380014227524959952
Pesona Eropa di Pulau Timor, menjadi tujuan wisata yang di TTS (dok.pri).

Hamparan karpet hijau berupa padang rumput mengingatkan pada desa-desa di Eropa, tetapi ini Indonesia. Ingin rasanya berguling-guling disana bersama sapi dan kuda yang dilepas liarkan pemiliknya. Rimbunya pohon Ampupu (Eukaliptus erophila) menjadi peneduh tak dari sengatan matahari yang tak terasa menyengat. Lumut kerak (Usnea barbata) menyelimuti pohon kayu putih ini hingga bergelantungan hingga mirip jenggot yang bergelayutan.

Berhenti sampai disini sepertinya ingin berlama-lama. Sebuah tanda tanya mengapa potensi luar biasa ini hanya didiamkan saja. Tidak usah melancong ke Eropa jika ingin melihat padang rumput bersama hewan-hewan ternak, cukup ada disini. Tidak usah ke Amazon untuk melihat pohon berumur ratusan tahun, disini juga ada. Pesona lansekap yang luar biasa, dari Kilo 12 hingga ketinggian 2,246km.

Advertisements

5 thoughts on “Eropa Ala Kilo 12 dan Batu Purba Fatumnasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s