Kamera Ponsel, Siapa Malu….?

hdr_1371721500990
1374549644850431429
Kamera dari Ponsel bisa menjadi andalan saat situasi dadakan (dok.pri)

Fotografi selalu identik dengan kamera saku, kamera semi profesional hingga kamera profesional. Anggapan yang bener-benar salah, sebab konsep fotografi adalah melukis warna-warni pantulan cahaya dari masing-masing obyek. Dulu biasa kamera dengan negatif film sempat merajai, kini sudah tergusur dengan kehadiran sensor dan kartu memori. Perkembangan fotografi semakin pesat dengan di combonya ponsel dengan kamera. Tidak tanggung-tanggung, dari kamera kelas VGA hingga puluhan mega piksel sudah ada dalam kamera canggih saat ini.

13745498722111914813
Saya memotret sel daun untuk melihat mulut daun/stomata dengan mengunakan kamera ponsel yang di tempelkan pada lensa okuler mikroskop. Sudah cukup daripada berat-berat memakai kamera saku atau DSLR (dok.pri)

Banyak yang tidak menyadari, semua yang pernah memotret atau di potret dengan ponsel sudah terjerumus dalam fotografi. Banyak yang  meragukan bahkan tidak menganggap memotret dari ponsel adalah fotografi kelas teri, atau jauh dari bagus dengan kamera saku atau DSLR. Hadirnya ponsel dengan resolusi puluhan mega piksel sepertinya sia-sia dengan ungkapan menang dalam pertarungan tetapi kalah dalam perang.

13745499841083884266
Kamera ponsel dengan resolusi 2,3mp sudah cukup bagus untuk cetak ukuran kartu pos (dok.pri)

Kamera ponsel sepertinya sudah lebih dari cukup untuk belajar fotografi. Kamera dengan resolusi 2,3MP sudah bagus, bahkan untuk di cetak ukuran kartu pos atau dipaksa di 10R masih cukup layak. Namun, kembali pada hakikat ponsel sebatas alat komunikasi saja, memotret itu hanya hiasan.

13745500371534675949
Memotret jalanan, maka ponsel lebih cocok karena untuk menghindari kecurigaan dari obyek (dok.pri)

Saat ini tidak sedikit jurnalis yang memakai kamera dari ponsel untuk mengambil gambar. Kamera ponsel mungkin ada yang lebih canggih di banding kamera saku atau DSLR sekalipun. Kelebihan kamera di ponsel pintar sekarang adalah bisa langsung di sunting dan segera di unggah dalam dunia maya. Dalam urusan kecepatan pemberitaan, kamera sangat bisa di andalkan. Foto-foto yang bertebaran di situs jejaring sosial sebagian besar dari ponsel, dari gambar yang remuk redam hingga yang luar biasa.

1374550082972207246
Kamera ponsel secara mate-matis juga ada hitungannya. Ada data exif yang berisi data-data teknis pemotretan. Tak beda jauh dengan kamera canggih lain, karena memiliki pronsip yang sama cuma beda ukuran saja (dok.pri)

Ponsel saat ini sudah bisa masuk dalam ranah fotografi yang tidak main-main. Dari kamera mungil ini bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Ini semua kembali kepada yang empunya kamera, seberapa jauh bisa memakai untuk menghasilkan gambar yang seharusnya diciptakan oleh kamera diatas ponsel.

Berbicara itung-itungan, jelas kamera ponsel masih merangkak di bawah dibanding kamera betulan. Namun dari segi kualitas seni, maka berani di adu tandingkan. Fotografi tak semata-mata berbicara kamera yang bagus beserta lensanya, tetapi seni adalah mercu suarnya. Buat apa kamera bagus dan lensa mahal, kalau bisa di potret dengan ponsel..?. Ada yang bilang, bagusan motret pake ponsel daripada DSLR, karena sisi praktis dan kemudahannya.

13745497841537451239
Memotret suku asli di Lembah Baliem dengan kamera saku atau DSLR mahal karena harus membayar obyeknya, tapi dengan ponsel kita bisa narsis dengan gratis (dok.pri).

Kamera ponsel bisa juga menjadi senjata yang ampuh disaat DSLR atau kamera poket tak mampu mengatasi masalah. Coba saja datang ke Lembah Baliem dengan kamera segede kulkas dan lensa sepanjang pipa paralon, bisa kena panah jika tidak keluar uang untuk obyek yang dipotret. Namun dengan pura-pura SMS atau cari sinyal, bisa mendapat gambar-gambar yang eksotis yang susah di dapat oleh kamera saku atau DSLR.

1374550442802083042
Semua kamera memiliki prinsip yang sama, tinggal yang menggunakannya (dok.pri)

Kamera ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan. Lensa-lensa untuk kamera ponsel dijual bebas dan meriah. Ingin lebar, mata ikan dan makro, semua tinggal pilih dan pasang. Ponsel kini sudah tak terdiskriminasi lagi oleh kamera berbadan besar dan berharga mahal. Fitur pengolah gambar sudah di injek sekalian dalam telepon pintar untuk megolah gambar biar jadi lebih indah.

Saya setiap melancong, kamera ponsel adalah kawan setia yang setiap saat bisa di andalkan untuk menangkap momen. Tidak perlu bongkar-bongkar ransel, masang lensa, masang kartu memori, ngatur setting diafragma, kecepatan rana dan fokus. Begitu semua setingan selesai, momen ngilang duluan. Dari kamera ponsel cukup 2-3 kali langkah, maka momen-momen indah bisa didapat.

1374549708132694751
Dengan kamera ponsel kita bisa memotret barang dagangan tanpa ditegur pramuniaga atau keamanan, berbeda jika memakai DSLR atau kamera saku (dok.pri)

Saya kira, kita pernah masuk dalam kawasan dimana kamera dilarang masuk. Namun, ponsel masih diperbolehkan berkeliaran. Pertanyaan saya, jago mana antara kamera ponsel dengan  kamera beneran?. Kalau masih nekat dengan nenteng DSLR atau kamera poket secara sembunyi-sembunyi siap-siap saja berurusan dengan pihak keamanan setempat. Dengan kamera ponsel, bisa seenak usus bahkan bernasis ria.

1374550191615947070
Bayangkan jika memakai kamera saku atau DSLR, saya jamin mereka yang di dalam akan terbangun. Dengan kamera ponsel kita bisa melakukan apa saja (dok.pri)

Ponsel bisa smenjadi senjata yang ampuh disaat kamera sebenarnya tidak mampu menembus benteng-benteng pemisah. Dari kamera mungil ini, kita di tuntut kretafitas menghasilkan gambar-gambar yang mungkin susah di hasilkan oleh kemara saku atau DSLR. Secara itung-itungan, mungkin kalah tetapi ada beberapa saat kemera ponsel itu bener-benar di perhitungkan.

15 thoughts on “Kamera Ponsel, Siapa Malu….?

    • Hahaha… nda mungkin saya pake sepatu cowok feminim gini lah… sepatu saya boot penuh lumpur dan goresan duri… Nah kalo sandal itu milik saya
      *itu sandal gunung kan…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s