Jejak-jekak Mahluk Tak Kasat Mata

Prof Langkah Sembiring, mengemukakan opininya tentang mikrobiologi tak hanya berbicara ukuran dan mikroskop. Cara penyampaian yang ringan dan penuh canda, membuat betah berlama-lama dengan mahluk tak kasat mata (dok.pri).

Prof Langkah Sembiring, mengemukakan opininya tentang mikrobiologi tak hanya berbicara ukuran dan mikroskop. Cara penyampaian yang ringan dan penuh canda, membuat betah berlama-lama dengan mahluk tak kasat mata (dok.pri).

“mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari organisme yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang tetapi bisa dengan mata bercelana” kira-kira begitu gurauan Prof Langkah Sembiring. Dia adalah salah satu guru besar di fakultas Biologi UGM yang pakar dalam bidang mikrobiologi. Obrolan ilmiah dengan bahasa yang rumit disampaikan dengan cara yang ringan, santai dan penuh humor. Tak heran, betah sekali mendengarkan setiap kali dia melontarkan anekdot-anekdot yang bersentuhan dengan mikrobiologi.

Pertama kali yang disinggung adalah konsep mikrobiologi yang diturunkan antar generasi yang sepertinya kurang relevan lagi. Pengertian sederhana dari mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mahlukhidup kasat mata, yang hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Prof Langkah Sembiring, lantas membalik konsep tersebut. “lha koloni bakteri dalam cawan petri, agar miring di tabung reaksi juga bisa dilihat tanpa bantuan mikroskop dan mata telanjang bulat” katanya.

13700549621108221045

Kemungkinan yang dimaksud dengan konsep harus dilihat dengan bantuan mikroskop adalah satu sel bakteri. Kembali dia menangkis, “bahwa satu sel bakteri tidak harus dilihat dengan mikroskop, cukup dengan kedua mata saja”. Dia menunjukan sebuah gambar sebuah bakteri dengan ukuran 1mm. Thiomargaritta namimbiensis dengan ukuran 850mikro meter, dan Epulopiscium fishelsoni dengan ukuran 650 mikrometer. “Untuk melihat satu sel bakteri tersebut tidak harus dengan mikroskop, kecuali mata sudah mengalami gangguan”, katanya.

13700555801334430502

“Secara ngawur, mikrobiologi bisa diartikan sabagai cabang ilmu yang tidak mempelajari botani (tumbuhan) dan zoologi (hewan)” demikian kelakar dia yang disambut dengan tawa. Memang ada benarnya, bahwa mikribiologi tak lagi berkutat dengan ukuran untuk mahluk tak kasat mata dan melulu dengan mikroskop. Mikrobiologi lebih cenderung dengan organisme yang spesifik yang menjadi pembeda dengan tumbuhan dan hewan baik secara morfologi dan fisiologi.

13700553402027275887

Mungkin banyak yang tak sadar dengan kehadiran mikroorganisme, seperti bakteri, virus dan jamur. Kehadiran mereka kadang tak tampak, namun bisa dirasakan dan bisa dilihat jejak-jejak kehadirannya. Sayur yang basi dan berbau masam adalah ulah bakteri asam asetat dan laktat. Kue yang busuk bisa dipastikan ulah jamur. Kita bersin siapa lagi kalau bukan ulah virus, atau sedang diare maka bakterilah biang keladinya.

13700552571185698838
Roti tawar dan keju adalah hasil kreasi dari yeast dan bakteri. Bulatan-bulatan didalamnya dalah jejak-jekak hasil pernafasannya (dok.pri).

Dalam meja makan, kita kadang tak sadar dengan kehadiran mikroba-mikroba tak  kasat mata tersebut. Lembaran roti tawar yang berlobang adalah jejak-jejak yeast/ragi roti yang sedang bernafas dan udara terjebak didalamnya. Masamnya yogurt ulah bakteri asam laktat yang selalu memuntahkan asam susu dari hasil metabolismenya. Tempe yang gurih sudah pasti kerjaan jamur Rhizopus yang dengan miselium dan hifa berwarna putih menyatukan kedelai agar tidak tercerai berai. Masih banyak mikroba-mikroba yang hadir disekitar kita yang acapkali tak disadari namun bisa dirasakan.

5 thoughts on “Jejak-jekak Mahluk Tak Kasat Mata

  1. Nah aku jadi bingung nih Dhave kalau mikrobiologi dikatakan mempelajari makhluk hidup selain tumbuhan dan hewan. Kayanya dulu pernah diajarin kalau jamur dan bakteri itu masuk kategori tumbuhan dan virus masuk kategori hewan. Kalau itu betul, terus apa dong yang dipelajari dalam mikrobiologi? 😕

  2. Reblogged this on gadis petualang and commented:
    Dalam meja makan, kita kadang tak sadar dengan kehadiran mikroba-mikroba tak kasat mata tersebut. Lembaran roti tawar yang berlobang adalah jejak-jejak yeast/ragi roti yang sedang bernafas dan udara terjebak didalamnya. Masamnya yogurt ulah bakteri asam laktat yang selalu memuntahkan asam susu dari hasil metabolismenya. Tempe yang gurih sudah pasti kerjaan jamur Rhizopus yang dengan miselium dan hifa berwarna putih menyatukan kedelai agar tidak tercerai berai. Masih banyak mikroba-mikroba yang hadir disekitar kita yang acapkali tak disadari namun bisa dirasakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s