Campur Tangan Manusia Untuk Kehidupan

Saya sempat berpikir, roh kehidupan yang berupa gen bisa dipindah-pindah, diperbanyak dan dibuat mainan. Membuat seekor sapi sepertinya cukup mudah dari tabung reaksi daripada harus pergi ke mantri hewan. Teknologi kloning, bisa kah...? (www.consortiumproductions.com)

Saya sempat berpikir, roh kehidupan yang berupa gen bisa dipindah-pindah, diperbanyak dan dibuat mainan. Membuat seekor sapi sepertinya cukup mudah dari tabung reaksi daripada harus pergi ke mantri hewan. Teknologi kloning, bisa kah…? (www.consortiumproductions.com)

Suatu saat saya melihat pertunjukan kuda lumping. Puncak dari hiburan rakyat tersebut adalah adanya episode kesurupan bagi para penarinya. Katanya, mahluk-mahluk halus sengaja diundang untuk masuk dalam raga penarinya. Saat kerasukan adalah puncak dari sebuah tari kuda lumping. Atraksi mengerikan, seperti memakan beling, mengupas kulit kelapa dengan gigi, jalan diatas bara apu dan semua yang diluar kewajaran ditampilkan.

Saya lantas berpikir, bagaimana jika manusia memiliki kemampuan tersebut tanpa harus kerasukan mahluk halus?. Tentu saja dengan latihan dan kerja keras tidak ada yang tidak mungkin. Mungkinkan diciptkan manusia jadi-jadian sehingga memiliki kemampuan lebih dibanding manusia normal. Saya hanya berandai-andai saja, sebab pulang dari nonton kuda lumping harus mengupas beberapa buah kelapa dengan parang.

Kloning, membuat mahluk jadi-jadian dengan mengambil materi genetik dari induk pilihan lalu ditanamkan pada calon individu. Tak ubahnya dengan orang kesurupan, dimana akan dimunculkan sifat-sifat apa yang yang telah ditanamkan. AKhirnya banyak yang menolak kloning dan menganggap hal tersebut kurang ajar terhadap kehendak Tuhan.

Disebuah kebun buah mata saya tertarik pada sebuah pohon kelengken yang ditanam di sebuah pot dari drum. Pohon yang tingginya belum genap 1 meter sudah mampu berbuah, beda dengan kelengkeng di depan rumah yang tingginya melebihi rumah dan berumur lebih dari 5 tahun belum juga berbuah. Ternyata bibit kelengkeng di perkebunan itu adalah hasil cangkok dari kelengkeng jenis unggul dan mirip induknya. Menciptakan individu baru yang mirip induknya tanpa melalui perkawinan, bukankan ini kloning juga?.

13699816971553459208
Singkong Mukibat, salah satu upaya memperbaiki umbi dengan menggabungkan 2 sifat indukan. Campur tangan manusia dalam pemuliaan tanaman (dok.pri)

Tak berapa lama kemudian saya kembali heran. Ada bunga Bougenvile dengan bunga warna-warni. Ada yang merah, ungu, putih, oranye dalam satu pohon. Idealnya dalam satu pohon warna bunganya satu warna, kenapa ini warna-warni. Ternyata dengan teknik menyambung bisa mengasilkan beragaman jenis bunga sesuka kehendak hati. Tangan mirip Tuhan kecil sudah berperan disini, yakni melawan takdir dari bunga atas nama keindahan, keunikan dan estetika.

Singkong Mukibat, yakni singkong dengan umbi sepaha orang dewasa. Singkong ini adalah perpaduan dari singkong karet (umbi besar) dan singkong biasa. Jika digabungkan akan menjadi singkong yang besar dan bisa dikonsumsi, sebab jika singkong karet saja akan beracun. Ada juga teman saya yang pernah bercerita dan bertindak unik. Keluarga terung-terungan (Solanaceae) di gabungkan dalam satu pohon. Pohon pokak sebagai induk, disambung dengan tomat, terung dengan beragam varietas. Hasilnya dalam satu pohon bisa menghasilkan terung, pokak, dan tomat, mungkin kalau tega akan menghasilkan umbi kentang juga.

Dalam dunia hewan, tak ubahnya dengan kawin silang. Beragam jenis anjing dikawin silangkan untuk mendapatkan keturunan yang diinginkan. Beragam jenis unggas, mamalia, ikan tak bisa lari dari kreativitas tangan manusia yang penuh rasa penasaran untuk mencari individu yang unik.

1369981801329556286
Cengkih varietas zanzibar, awalnya cengkih aseli dari Maluku yang dimuliakan di benua Afrika sehingga menghasilkan keturunan yang unggul. Kawin silang menjadi salah satu upaya memperbaiki keturunan (dok.pri)

Rekayasa tanamam, diatas biasa disebut dengan pemuliaan tanaman. Nah kalau dalam ranah hewan atau nmanusia ada yang menyebutnya perbaikan keturunan. Yang merasa dirinya kurang baik pasti akan mencari pasangan yang baik, katanya biar keturunan tidak sejelek salah satu orang tuanya. Perbaikan keturunan adalah hal yang lumrah dan sah-sah saja. Demikian juga dengan pemuliaan tanaman yang memiliki tujuan baik. Masih mau kloning…?

6 thoughts on “Campur Tangan Manusia Untuk Kehidupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s