Samudraraksa Manisnya Pelayaran Kapal Kayu

IMG_3032

Puas menikmati kemegahan mahakarya Borobudur saatnya turun karena apa yang saya cari tidak ketemu. Entah dimana relief kapal samudraraksa yang menginspirasi Philip Beale hingga mewujudkan ide gilanya. Entah mengapa saya begitu tertarik dengan salah satu relief tersebut, yang pasti dari sinilah penjelajahan itu dimulai.

Masih teringat dengan Charles Darwin sang evolusionis dengan bukunya Origin of Species yang menggegerkan dunia. Karya-karya Charles Darwin akhirnya menginspirasi para ilmuwan untuk menjelajahi setiap jengkal bumi ini. Jauh sebelum Charles Darwin, Marcopolo atau Vasco de Gama berlayar, namun nenek moyang kita sudah duluan mengarungi samudra.

13589945631630473046
Escape from Africa awal sebuah penjelajahan umat manusia menuju penjuru dunia (dok pri) diambil dari Jejak Langkah Setelah Sangiran oleh Harry Widianto.

Cerita escape from africa, yakni penjelajahan manusia purba dari Afrika menuju seluruh penjuru dunia. 200.000 tahun yang lalu manusia purba mengawali penjelajahannya menuju ujung dunia. Mereka tiba di Indonesia sekitar 50.000-20.000 tahun yang lalu dan yang paling muda adalah saat finish di Amerika Selatan sekitar 15.000-12.000 tahun yang lalu.

“tak ada mamalia lain yang sibuk berpindah-pindah seperti kita” kata Svante Paabo (National Geographic Januari 2013). Inilah menariknya manusia dengan penjelajahannya. Baru-baru ini masih teringat dengan kapal Spirit Majapahit, yakni replika kapal yang dulu di gunakan kerajaan Majapahit untuk mengarungi samudra mempersatukan nusantara. Walau tujuannya kadang salah dimaknai, yakni misi perdangan dan hubungan bilateral kadang ada versi yang mengatakan dengan penguasaan/penaklukan.

Serupa dengan Spirit of Majapahit, ada juga Samudraraksa yang mengarungi samudra dalam misi perdagangan. Ekspedisi kayu manis, demikian perjalanan Samudraraksa itu dinamakan. Dengan barang dagangan rempah-rempah kapal bercadik dengan dua layar mengarungi laut jawa menembus Samudra Hindia sampai di Madagaskar dan akhirnya di Afrika.

Dinding relief Borobudur yang menggugah wisatawan asal Inggris yakni Philip Beale saat berkunjung tahun 1985. Mantan angkatan laut inggris inipun mencoba membuat replika kapal digambar tersebut dibantu oleh Nicholas Burningham tahun 2003. Pembuatan kapal ini diserahkan kepada As’ad Abdulah seorang pombuat kapal dari Pulau Pagerungan Kecil, Kabupaten Sumenep, Madura.

Kapal dengan 7 jenis kayu penyusunnya memiliki dimensi panjang  18,29m, lebar 4,25m, dan tinggi 2,45m. 15 agustus 2003 kapal yang diberi nama Samudraraksa oleh Presiden RI Megawati. Samudraraksa yang berarti pelindung samudra mulai pelayarannya dari Jakarta menuju Madagarskar, Cape Town dan berakhir di Ghana.

Kekaguman saya bertambah saat perahu dengan 2 layar tanpa mesin namun mengandalkan dayung. Tak terbayangkan dahulu kapal ini berlayar bagaimana ceritanya, hingga ganasnya samudra hindia dan peta yang belum baik seperti sekarang tidak tersesat. Kapal ini termasuk canggih karena dilengkapi GPS untuk navigasi, NavTex untuk menerima informasi cuaca, EchoSounder untuk mendeteksi kedalaman air, Inmarst Telephone Satelite untuk komunikasi di tengah laut, dan Lift Raft dua buah rakit apung. Dahulu samudraraksi belum ada alat secanggih ini, nampun mampu menguasai selama pelayaran.

Kini samudraraksa sudah berlabuh di museum samudraraksa di kompleks candi Borobudur. Setelah 7 bulan di Ghana, kapal tersebut di urai dan dibawa ke Indonesia yang kemudian dirakit kembali di sini. Beragam perlengkapan selama berlayar dalam ekspedisi kayu manis tersimpan rapi disini dan menjadi saksi bisu pelayaran yang penuh tantangan.

1358994806116719894
Ketemu juga dengan relief samudraraksa walau didinding museum (dok.pri).

Akhirnya ketemu juga relief Samudraraksa yang saya cari. Namun sayang relief tersebut hanya repro dalam lukisan didinding museum yang terus saya perhatikan sebelum penjaga museum meminta kami untuk mengisi buku tamu. Memasuki lorong museum langsung dibawa jauh ke masa lalu tentang teknologi maritim nenek moyang kita. Saya terhenyak saat sebuah kapal kayu besar ada didepan mata beserta miniaturnya. Inilah Samudraraksa yang saya cari.

4 thoughts on “Samudraraksa Manisnya Pelayaran Kapal Kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s