Dari Sini Teh Itu Berasal

Karpet hijau menghampar dan tanaman teh mendominasi.

Teh, bukan minuman asing bahkan sudah menjadi minuman waji bagi kita. Diyakini secara medik, bahwa teh memiliki senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Adanya kandungan antioksidan, senyawa perisa dan pewarna menjadikan teh menjadi minuman istimewa. Tidak tanggung-tanggung, dari kaisar hingga rakyat biasa semua mengomsumsi teh. Tahukan kita, dari mana teh ini di peroleh..?

Di kebun teh Medini, Gunung Ungaran Jawa Tengah mencoba melihat asal-usul minuman menyehatkan ini. Hamparan teh seluas puluhan hektar ini ternyata menghasilkan teh-teh dengan kualitas tinggi. Bak karpet hijau, disinilah awal dari teh tersebut di petik, diolah hingga dikirim ke mancanegara. Seluas mata memandang, hanya hamparan tanaman teh yang terlihar. Petak-petak lahan teh selakyaknya gugusan pulau-pulau yang membentang dari bukit hingga lembah.

1352121038585552070

Tangan tak kalah cepat dari tangan untuk memotes pucuk teh.

Beruntung sekali saya saat itu. Saat berkunjung kesana, sedanga ada buruh petik yang sedang bekerja. Sesaat setelah mendapat ijin untuk memotret, maka obrolan hangat berlansung dengan salah satu ibu yang memetik teh. Mata ini ternyata lebih lambat dari tangan ibu ini yang begitu cekatan memilih, memilah dan memetik pucuk daun teh.

Tidak sembarang dalam memetik daun teh, kata ibu pemetik daun. Mereka harus benar-benar bisa menentukan daun-daun mana yang harus dipetik. Ada kualifikasi kusus untuk memetik daun teh, sebab akan menentukan kualitas teh yang nantinya akan diproduksi. Daun teh yang baik akan menjadi barang ekspor, sedang yang kurang baik akan masuk dalam pasar lokal.

1352121114821213943

Inilah yang di cari, Peco + 3M

Peco + 3M, adalah rumus untuk memetik daun teh dengan kualitas nomer satu. Rumus petik ini, mengharuskan memetik pucuk teh yang masih kuncup lancip dengan tiga daun muda. Petikan pucuk daun ini yang nantinya akan diproduksi menjadi teh hijua. Ada juga rumus petik burung, yaitu Burung. Maksud dari rumus ini adalah saat daun paling atas masih kuncup dan ada dua daun yang sudah mekar. Selintas petikan model ini mirip burung yang sedang mengepakan sayapnya.

Tak berapa lama, saya di datangi oleh mandor kebun teh. Obrolan berlanjut semakin hangat dan banyak sekali informasi seputar teh dan seluk beluknya. Informasi yang menarik berkaitan dengan pemetikan daun teh adalah saat memilih pucuk mana yang akan dipetik. Jika salah memilih pucuk teh, maka kejadian fatal akan datang yakni tunas baru akan lama tumbuhnya. Rotasi pemetikan biasanya 12 hari, namun jika salah petik bisa 3 bulan baru bisa dipetik.

13521212711723729023

Inilah sosok tangguh dibalik nikmatnya teh.

Pelatihan bagi pemetik teh benar-benar diperhatikan agar tidak salah dalam pemanenan. Rapor juga diberikan kepada pemetik teh, agar ada evaluasi selama bekerja menjaid buruh petik. Apabila memiliki kinerja yang bagus, baik secara kualitas dan kwantitas maka bonus akan mengalir, namun jika menurun bisa mendapatkan sangsi dari perusahaan.

135212119115707366

Senyum riang saat melihat hasil timbangan.

Dari sinilah teh itu berasal. Puluhan waring atau tempat untuk menampung hasil petikan satu persatu diangkut menuju tempat penimbangan. Senyum sumringah nampak di wajah-wajah ceria pemetik teh. Dalam satu hari para pemetik bisa memperoleh 10-70Kg. Inilah salah satu sisi menarik dari teh, sebab dari sinilah teh itu berasal.

4 thoughts on “Dari Sini Teh Itu Berasal

  1. wuuuuih salah petik bisa panen 3 bulan lagi waduh rugi bandar tenan

    wah ada tekniknya macam macam ya ternyata setahuku dari televisi itu pucuk pucuk pucuk gitu doank

    nice post🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s