Supermarket Sayur Mobile

 

Pagi buta, sekitar pukul 3 riuh keramaian sudah memenuhi badan-badan jalan dan orang sudah tumpah ruah dengan barang dagangannya. Inilah pasar pagi, yang hanya buka menjelang subuh dan selesai sebelum matahari menampakan dirinya. Mereka yang terlibat dalam dunia ini adalah orang-orang hebat yang tahan menabrak embun pagi dan dinginngya udara. Disaat yang lain masih terlelap dalah hangatnya selimut, mereka sudah bergelut dalam strategi dan menjalankan prinsip serta hukum ekonomi.

Banyak cerita diantara mereka yang jika dikulik lebih mendalam. Mereka adalah perintis dalam distribusi barang-barang nomer satu. Di Pasar pagi, barang kualitas baik seperti ikan, sayur, daging dan buah yang semuanya dalam keadaan segar dan harga dari orang pertama. Harga yang cukup miring, tak salah menjadi favorit bagi mereka yang ingin mendistribusikan kembali dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan.

13484481092058699677

Rak di jok motor inilah ciri khas penjaja sayur keliling.

Satu yang menarik dari fenomena pasar pagi adalah penjual sayur. Berjajar sepeda motor yang sudah dimodifikasi dengan menambahkan rak-rak di jok belakang. Rak-rak ini berfungsi sebagai tempat untuk menaruh anaka macam dagangan. Mereka ibarat supermarket yang menjajakan kebutuhan dapur yang berjalan. Para penjual sayur keliling inilah yang nantinya mendistribusikan dagangan mereka ke perumahan, hingga perkampungan.

13484486682005306648

Pasar Pagi, barang bagus dengan harga murah.

Super Sayur, demikian saya menyebut mereka. Pagi-pagi buta mereka sudah bertarung untuk mendapat barang sebagus mungkin dan dengan harga semurah mungkin. Usai berbelanja, mereka dengan ketrampilan langsung memilah dan memilih belanjaannya kedalam rak-rak yang sudah nangkring di jok motor. Entah modifikasi kendaraan mereka ini melanggar aturan peruntukan sepeda motor sebagai mana fungsinya atau tidak itu bukan menjadi soal. Miris lagi, modifikasi ini acapakali membahayakan mereka juga pengguna jalan yang lain. Motor dengan badan yang kecil tiba-tiba harus berjalan dengan rak/rombong di kanan, kiri, dan tengah. Rah yang penuh berjejal barang dagangan, tak luput dari aneka macam barang yang digantung hingga menjuntai dan berumbai. Memang unik sepintas, namun acapakali bisa membahayakan saat melaju di jalanan.

13484486131363011477

Kaum Hawa mungkin lebih luwes dalam urusan dapur.

Usai belanja saatnya berkeliling untuk menjajakan dagangannya. Jangan berhenti disini untuk melihat mereka dan perhatikan lebih dekat lagi. Tidak sedikit kaum hawa yang terlibat dalam bisnis model ini. Kaum Hawa mungkin jauh lebih piawai dalam berdagang terlebih urusan dapur dan rumah tangga. Mereka tahu apa kebutuhan ibu-ibu rumah tangga, baik dari menu masakan, selera hingga siap menerima pesanan apa saja.

Bisnis jemput bola inilah mereka. Meluncur dari pasar pagi menuju target sasaran. Mereka sudah punya pelanggan dan jalur-jalur distribusinya sendiri-sendiri. Perumahan klaster, kompleks, perkantoran, hingga perkampungan mereka jelajahi. Hebatnya lagi mereka juga dari pintu ke pintu dan seolah sudah hafal langganannya. Jika tidak demikian, mereka cukup mangkal ditempat strategis dan pelanggan sudah mengerumuni mereka. Super Sayur Mobile yang swalayan inilah mereka. Jadi apa menu makanan anda hari ini..? mungkin jasa mereka yang menghantarkan semua yang tersaji di meja makan.

One thought on “Supermarket Sayur Mobile

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s