Semar Loyo Gara-gara Super Semar Berkeliling Joglo Semar

Supersemar tidak Semar Loyo saat mutar Joglo Semar

“sebentar ya… saya mau ke ATM jangan lupa BBM-an atau SMS-an saja nanti sebab HP saya lowbat”. Saya kira, kita semua paham penggalan percakapan tersebut. Tidak asing di telinga kita kosakata-kosakata seperti dalam penggalan percakapan diatas yang bahkan sering kita dengan saban harinya. Memang tidak ada yang aneh, karena sudah biasa didengar. Dibalik kebiasaan kita, namun acapkali menimbulkan kejanggalan, sebab kadang kita tak mengerti apa yang kita ucapkan.

“saya mau ke ATM”, jika ada yang balik tanya apakah semua orang bisa menjelaskan apa itu ATM?. Mungkin ada yang bisa langsung jawab ATM adalah Auto Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri. Yang tidak mengerti mungkin akan bilang “itu tempat ambil uang dengan menggunakan kartu”.

Penggunaan akronim atau singkatan memang bukan barang aneh ditelinga kita. Berfungsi mempersingkat sebuah makna, memermudah penyebutan acapkali membuat orang melupakan makna asli bahkan ada yang tidak tahu sama sekali. Anak kecil atau mereka yang awam mungkin akan mudah sekali bilang SMS-an, HP, Lowbat, laser, rudal, radar, dan lain sebagainya. Pertanyaan sekarang apakah mereka mengerti kepanjangan dari akronim tersebut, walau semua sepakat “itu yang dimaksudkan”.

Telinga kita sejak dulu selalu dijejali dengan akronim-akronim yang acapkali tak dimengerti kata-kata penyusunnya. Pendahulu kita hingga anak-anak jaman sekarang bisa dibilang jago membuat akronim, yakni dengan menyingkat-nyingkat kata. Akronim dari yang sifatnya resmi hingga bahasa-bahasa prokem sangat mudah kita temui. Supersemar, joglosemar, jabodetabek, sudah tak asing di telinga kita bahkan madia masa bisa menggunakan istilah tersebut. Belum lagi istilah teknologi seperti surel untuk surat elektronik alias email (electronic email), dimana orang lebih familiar “imel daripada surel”.

Bagi para remaja, lebih parah lagi dengan singkatan-singkatan yang mereka ciptakan mungkin hanya diketahui kalangan mereka, sedangkan mereka yang lebh tua  dijamin mengernyitkan dahi. Bagaimana jika anak anda mengirim pesan singkat “pa otwna gpl ttdj, Gbu tq..”. Mungkin orang tua yang tidak gaul lantas menelpon anaknya “nak kamu itu SMS apa..?”, “papa on the way-nya gak pake lama, hati-hati dijalan, God bless youtank you…..” begitu jawab anaknya.

Berbicara akronim kadang tak semuanya membuat pusing, kadang malam membantu mengingat-ingat sesuatu agar lebih mudah nyantol di otak. Pasti semua paham kepanjangan dari Supersemar alias Surat Perintah Sebelas Maret. Gara-gara ada salah satu tokoh pewayangan sehingga singkatan tersebut terasa unik dan mudah untuk diingat kepanjangannya. Tokoh Semar, juag identik dengan Joglosemar alias Jogja-Solo-Semarang, jika dibalik bisa menjadi SEMAR LOYO yang jauh lebih mudah diingat bukan…?.

Dibalik orang paham atau tidak makna akronim yang biasa mampir ditelinga kita, setidaknya semua sepakat bahwa “itu yang dimaksudkan”. Kesalahpaham mungkin wajar saja, sebab kadang hanya komunitas mereka yang paham singkatan-singkatan tersebut seperti Paris (prapatan pasar jetis), Pakistan (pasar kidul stasiun), Jerman (jejer kauman) dan masih banyak lagi yang lainnya. Akronim adalah sebuah kreativitas memainkan beberapa kata menjadi lebih mudah diucakan, diingat dan yang pasti menarik. MPO dari kata Marsinal Pra Osma yang aslinya dari (Masa Orienatasi dan Pengenalan Pra Organisasi Siswa Intra Sekolah Sekolah Menengah Atas) panjang sekali bukan jika harus di ucapkan, sehingga cukup disingkat saja.

2 thoughts on “Semar Loyo Gara-gara Super Semar Berkeliling Joglo Semar

  1. Setuju Dhave, urusan singkatan memang kadang membingungkan meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa ada juga yang membantu mempermudah mengingat sesuatu. Dan untuk urusan singkatan ini kadang kita juga jadi kreatif ya, asal saja gak keterlaluan. Kan kita gak bisa menyingkat “Semarang menuju Demak” menjadi “semar mendem” kan ya? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s