Harumnya Aroma Tembakau Bukan untuk Rokok

“Peringatan Pemerintah: Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin” itulah petikan kalimat dalam setiap kemasan rokok. Pertanyaan sekarang, mampukah peringatan tersebut menghentikan perokok agar berhenti merokok?. Mungkin kalau hanya sebatas peringatan dan hanya mengingatkan, tak akan mempan, bagaimana jika diganti “ancamam pemerintah”..?.
Melihat data dan kenyataan dilapangan, mungkin sedikit bisa berkelit dari peringatan pemerintah akan bahaya merokok. Ada data mengatakan, di Indonesia kematian akibat rokok 7-9% pertahun. Katakanlah 10% kematian tersebut oleh rokok, artinya kematian tidak karena rokok lebih besar, jika melihat hanya angka-angka statistik.
Fakta dilapangan mungkin akan berkata lain dan menimbulkan banyak asumsi. Siapa manusia yang ingin terkena kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin..?. Ada asumsi yang mengatakan, “benarkah gangguan tersebut diatas disebabkan oleh rokok?”. Orang jaman dulu yang katanya perokok berat ternyata panjang umur dan tidak ada keluhan impotensi, kena serangan jantung, kanker, bahkan produktif menghasilkan keturunan.
Mungkin adanya gangguan kesehatan yang dijadikan peringatan pemerintah tersebut; tidak hanya rokok penyebabnya, bisa juga dari pola hidup kurang sehat dan lingkungan yang tercemar. Apakah ada juga yang mengaku impoten gara-gara rokok, kalaupun ada mungkin akan mencari kambing hitam yang lain. Rokok memang tidak bisa lepas dari keseharian di masyarakat kita, sehingga potensi gangguan kesehatan akan selalu menjadi ancaman kesehatan.
Berbicara rokok, pasti tidak lepas dari tembakau yang sering dijadikan kambing hitamnya. Pro kontra rokok, pasti tidak akan jauh-jauh lari dari tembakau. Tanaman dari Amerika Selatan ini, memang kontroverisial, sebab begitu banyak penggemarnya hingga tidak sedikit yang menentangnya. Berbicara rokok dan tembakau memang tidak ada habisnya, tak ubahnya dengan debat kusir tanpa kereta dan kuda. Merokok adalah sebuah pilihan dan tidak merokok adalah sebuah keputusan. Memilih waktu dan tempat yang tepat, dan sebuah keputusan tentang kesadaran untuk hidup sehat.
Sekali lagi, berbicara tembakau memang tak ada habisnya, dan jeleknya tembakau selalu dipandang sebagai bahan baku rokok yang berbahaya bagi kesehatan. Pertanyaan sekarang, adakah sisi manfaat tembakau selain sebagai bahan baku rokok, sehingga tembakau tidak lagi dipandang sebagai sumber malapetaka hingga pemerintah mengeluarkan peringatan?.
Jika melirik kearifan lokal masyarkat yang berkaitan dengan tembakau dalam perspektif etnobotany, pasti ada manfaat tanaman ini selain sebagai bahan baku rokok. Ibu-ibu didesa yang biasa nyirih “nginang” biasanya akan hambar jika tak menyapu bagian gigi-giginya dengan tembaku. Kegiatan tersebut biasa disebut dengan “nyusur” yakni membersihkan gigi usai menyirih dengan tembakau yang dipadatkan dengan genggaman tangan. Sekilas menjijikan, tetapi efektif sebagai anti bakteria dari daun tembakau tersebut. Tembakau juga bisa digunakan untuk mengatasi gigitan lintah, hingga ada yang menggunakan sebagai obat luka.

Tidak asing juga ditelinga kita tentang manfaat tembakau sebagai pestisida yang mampu mengatasi gangguan hama pada lahan pertanian. Dilaporkan, Pestisida berbahan tembakau t terbukti mampu mengatasi serangan hama wereng di daerah Pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pemanfaatan biopestisida ini cukup efektif dan ekonomis, ramah lingkungan, dan hemat biaya dibandingkan pestisida berbasis bahan kimia.
Bagaiaman sains dan industri menjawab potensi tembakau selain sebagai rokok?. 2. Dari hasil penelitian, diketahui beberapa senyawa dalam tembakau seperti; nikotin, cycloicosan, isopropy, trimethyl, cyclotetradecatetraene, Sclareolide, bicyclo, Heptane-7-butanal, 1,7-dimethyl-2oxo-, serta neophytadien. Memang tak bisa dipungkirin, kandungan nikotin yang dijadikan sumber penyakit mendominasi senyawa-senyawa dalam tembakau.
Sclareolide, Senyawa ini mirip dengan senyawa sclareol, komponen anti jamur pada tumbuhan. Beberapa senyawa lain yang teridentifikasi dari esktrak absolut tembakau Srintil banyak digunakan dalam industri fragnance sebagai bahan dasar pembuatan parfum, misalnya caryophylene. Caryophylene adalah golongan sesquiterpen yang menyusun komposisi dari berbagai jenis minyak esensial. Senyawa 3-eicosene biasanya dipergunakan dalam industri kosmetik untuk wewangian.
Potensi yang tersimpan dalam tembakau bisa dipertimbangkan untuk kebutuhan farmasi, pertanian, dan industri kosmetika yang kemungkinan lebih menguntungkan dari pada sebatas rokok. Rekayasa genetika dimungkinkan bisa mengoptimalkan senyawa-senyawa tersebut agar terapresiasi dan tidak hanya dikuasai semata oleh industri rokok.

30 thoughts on “Harumnya Aroma Tembakau Bukan untuk Rokok

  1. mahasiswidudul said: Sesuatu hal itu, kayak 2 sisi mata uang yah om… Bisa dipake buat kebaikan, bisa dipake buat kejelekan, tergantung maunya yang mana😀

    betoool….alam menyediakan, sains membuatkan…kapitalis yang mbayar hahahhaha

  2. dhave29 said: alam menyediakan, sains membuatkan…kapitalis yang mbayar hahahhaha

    Nah tembakau mending baut nginang ajah tuh, khan kalo nginang dinikmatin sendiri. Beda ama ngrokok yang sekelilingnya kudu ikutan ngisep asep juga

  3. dhave29 said: alam menyediakan, sains membuatkan…kapitalis yang mbayar hahahhaha

    Rokok tanpa api maka tidak akan bisa menyala dia jadi kambing hitamnya beralih ke APIWakakakaka guyonJadi inget omongan guruku SMA yang suka merokok waktu sedang mengajar “kata orang merokok itu membuat orang umurnya lebih pendek, tapi menurut buku yang saya baca orang bahagia umurnya bisa lebih panjang, nah dengan merokok saya bahagia artinya impas dong umurnya” parah tenan gurukuThank you infonya mas dhanang

  4. rengganiez said: Nah tembakau mending baut nginang ajah tuh, khan kalo nginang dinikmatin sendiri. Beda ama ngrokok yang sekelilingnya kudu ikutan ngisep asep juga

    asal gak meludah sembarang juga mBa hehehehehe😀

  5. elok46 said: Rokok tanpa api maka tidak akan bisa menyala dia jadi kambing hitamnya beralih ke APIWakakakaka guyonJadi inget omongan guruku SMA yang suka merokok waktu sedang mengajar “kata orang merokok itu membuat orang umurnya lebih pendek, tapi menurut buku yang saya baca orang bahagia umurnya bisa lebih panjang, nah dengan merokok saya bahagia artinya impas dong umurnya” parah tenan gurukuThank you infonya mas dhanang

    asal gak penyakiten…. ya mBa.. bahagia yen sakit ya sengsara hehehehhewukeeeeey.. sama-sama

  6. martoart said: Sampeyan cukur gundul yo?#lagireti

    Kalau benar tembakau bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untukkegunaan yang lain, pasti bagian untuk rokok akan semakin kecil. Tapi bisa …………….nggak?

  7. martoart said: Sampeyan cukur gundul yo?#lagireti

    hihihi mas dhave pernah beli rokok disangka buat smoke ga taunya saya bikin anti hama,2 btg rokok diuraikan tembaukanya, masukan ke botol aqua kecil tunggu dua minggua baru bisa dipakai

  8. hardi45 said: Kalau benar tembakau bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untukkegunaan yang lain, pasti bagian untuk rokok akan semakin kecil. Tapi bisa …………….nggak?

    susah deh kayae Om hehehhee😀

  9. siasetia said: hihihi mas dhave pernah beli rokok disangka buat smoke ga taunya saya bikin anti hama,2 btg rokok diuraikan tembaukanya, masukan ke botol aqua kecil tunggu dua minggua baru bisa dipakai

    oh ya,,,,,?wahahhaha keren donk….. mantap iku mBa….

  10. siasetia said: hihihi mas dhave pernah beli rokok disangka buat smoke ga taunya saya bikin anti hama,2 btg rokok diuraikan tembaukanya, masukan ke botol aqua kecil tunggu dua minggua baru bisa dipakai

    ada yang ajarin mas dhave…tembakau kalau tak dibakar harusm baunya tp klo dibakar ihhhh menyebalkan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s