“the Afghan Girl” di Gunung Merapi

Apakah anda mengenal sesosok Sharbat Gula..?. Memang awalnya gadis mungil ini tidak ada yang istimewa, dan menjadi terkenal setelah 15 tahun kemudian. Sharbat Gula adalah gadis Afganistan, yang saat usianya 13 tahun ikut mengungsi di Pakistan dan terekam kamera oleh jurnalis National Geographic, Steve McCurry.
Hampir selama 15 tahun, berkecamuk penuh tanda tanya saat wajah Sharbat Gula menjadi cover [NG] pada tahun 1985. Tak ada yang tahu siapa identitas model di halaman muka majalah berbingkai jendela kuning. 15 tahun kemudian teta-teki siapa wajah dengan sorot mata tajam dan lengkung alis tegas itu terkuak.
Tahun 2000 Steve McCurry berhasil menguak dan menjumpai gadis yang dulu saat dipotretnya masih berusia 13 tahun. Saat dijumpai gadis tersebut sudah menikah dan mempunyai anak. Aturan yang tegas dan konservatis yang dipegang kokoh oleh Sharbat Gula, membuat kesulitan untuk pengambilan gambar. akhirnya Steve McCurry berhasil mengambil gambarnya, dan jelas sudah misteri gadis afganistan yang selama 15 tahun menjadi tanda tanya.
Sebuah kisah yang menarik, antara Sharbat Gula dan Steve McCurry dan menjadi cerita “Afgan Girl”. Apakah ada juga pengalaman serupa, atau setidaknya kisah yang mirip sama. Cerita Afgan Girl menggelitik dan menggugah penasaran saya saat membaca National Geographic Traveler, edisi Mei 2012. Dalam “kisah” yang berjudul Di Sela Gunung, di antara dua gunung api ada sebuah gambar yang menarik. Pada halaman 51 gambar dibawah ada foto ibu-ibu sedang naik kendaraan terbuka dengan latar belakang Gunung Merapi. Jika sedikit iseng-iseng menebak, gambar tersebut diambil saat perjalan menuju desa Selo saat menjelang sore hari disaat bus sudah tidak ada.
Mata saya hanya terfokus pada ibu yang disisi kanan bawah, dengan wajah dan senyuman khas itu membuat penasaran muncul. Akhirnya majalan saya pelototin bener-bener dan memori ponsel saya pindai satu persatu. Mirip tak mirip saya menemukan sesosok wajah yang tak beda jauh jika dikomparasikan. Corak warna selendang yang dikalungkan, raut wajah, ciri khas kerudung adalah kekuatan, yang tak beda jauh dengan sorot mata tajam dan alis yang tegas milik Sharbat Gula. Lantas apa hubungannya dengan gadis Afganistan?, setidaknya sama-sama memiliki rasa penasaran dan tanda tanya dan terjawab lewat sebuah gambar.
Saya memotret ibu tersebut tanggal 20 Desember 2010, pasca erupsi Merapi. Perjalanan saya yang hendak menuju Puncak Merapi memaksa saya naik mobil bak terbuka, karena bus sudah tidak ada. Dari ponsel iseng saya mengabadikan perjalanan dan pemandangan Gunung Merapi yang saat itu berselimutkan kabut. Ada wajah yang menurut saya menarik dan sampai saat ini masih tersimpan di memori ponsel, walau sudah berganti ponsel. 1,5 tahun kemudian sesosok wajah itu muncul di National Geographic, dan sebuah tantangan untuk mencari siap Mbok Merapi tersebut?. Apakah ada yang punya kisah seperti gadis afganistan dan mbo merapi…? mari dibagikan.

28 thoughts on ““the Afghan Girl” di Gunung Merapi

  1. emmaku said: Pernah nonton DVD nya…menarik sekali ya, perjalanan mencarinya setelah sekian tahun berlalu

    Kekhasan seseorang akan menjadi suatu yang sulit untuk dilupakan. Itulah Sharbat Gula dan begitu pula ibu yang berkerudung itu. Pasti akan kita temukan juga dalam orang yang kita jumpai di sekitar kita.

  2. hardi45 said: Kekhasan seseorang akan menjadi suatu yang sulit untuk dilupakan. Itulah Sharbat Gula dan begitu pula ibu yang berkerudung itu. Pasti akan kita temukan juga dalam orang yang kita jumpai di sekitar kita.

    benar sekali Om hardi, akan jadi cerita yang menarik kelak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s