Saya Juga Bisa Komentar

Pekerjaan atau aktivitas paling ringan di dunia ini mungkin adalah mengangkat rahang, mengerakan lidah dan menggetarkan pita suara, alias berbicara. Lihat saja komentator sepakbola yang berceloteh disaat pemain gagal menendang penalti atau yang mengolok-olok aksi Marco Simonceli saat ngesot di aspal. Begitu juga dengan mereka yang meremehkan atau mengecilkan sebuah film animasi yang menurutnya jelek atau penyanyi dengan nada sumbang. Apakah terbesit sedikit pemikiran, apakah mereka sehebat Roberto Baggio yang gagal adau penalti, atau Valentino Rossi?.

Mungkin sesama komentator akan dengan enaknya berceloteh ngalor ngidul dengan apa yang bisa dibicarakan. Tetapi bagaimana saat komentator tersebut dipertemukan dengan obyek yang dikomentari atau dijadikan pelakunya?. Apakah akan selantang atau sepedas saat berbicara atau ibarat krupuk karak berboraks yang tercelup di air?.

Mungkin beberapa orang, akan segera pindah kanal disaat ada jeda pertandingan dan saat itu komentator muncul. Ironis lagi saat komentator yang kurang berkompeten atau pakar dengan apa yang dibicarakannya, seolah melihat dagelan dan kebodohan dari setiap ucapannya. Lucu, kelihatan bodohnya bahkan tidak nyambung sama sekali.

Diluar layar kaca, di kehidupan nyata juga demikian. setiap ada komentar, mungkin akan ditanggapi beragam oleh beberapa orang. Ada yang dengan kepala dingin menerima atau ada yang telinga panas dan meradang. Namun namanya saja komentator, hanya bisa dilidah, sedangkan tangan, kaki dan pikiran masih diragukan. Komentar ada yang membangun, meremehkan bahkan menjatuhkan sama sekali. Memang pekerjaan yang paling mudah ya berbicara…

Advertisements

8 thoughts on “Saya Juga Bisa Komentar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s