Cuci Motor Pake Aqua

Tak terasa musim kemarau sudah datang, dan dibeberapa tempat sudah mengalami kekeringan dan kesulitan air. Kebutuhan pokok manusia adalah air, sebab 80% lebih tubuh adalah air, namun bagaimana manusia memperlakukan air sebagai sumber kehidupan agar ketersediaan air selalu terjaga. Air memang unik, disaat jumlahnya melimbah menimbulkan masalah, disaat tidak ada muncul bencana.

Jika sedikit membandingkan dengan daerah lain, saya bersyukur karena rumah dipegunungan yang ada air setiap saat dengan jumlah yang cukup. Disaat saya berjalan didaerah tandus, tanah retak, pohon meranggas, sungai kering, trenyuh rasa ini. Beralih ke perkotaan yang nyaris tak ada mata air, tetapi warganya tak pernah kekurangan air, sebab ada perusahaan yang memasok air bersih. Banyak ketimpangan yang terjadi disini, mengapa sungai kering, mengapa ada daerah kesulitan air, disisi lain masih banyak waterboom atau kolam renang pribadi.

Keringnya sungai, banyak faktor yang mempengaruhi; bisa mata air yang kering, atau dibendung pihak-pihak tertentu untuk dipindahkan aliran sungainya dipipa-pipa untuk didistribusikan. Disaat sungai kering, berapa banyak kehidupan yang harus musnah, dari hewan dan tumbuhan air, hingga mereka yang mengandalkan sungai sebagai sumber air. Prilaku manusia yang kurang bijak, bisa juga menjadi sumber malapetaka menjelang musim kemarau.

Tidak bijak jika kita hanya melulu menyalahkan mereka yang kurang bijak, tetapi bagaimana prilaku kita, apakah sudah benar?. Mungkin secara tidak sadara disaat yang lain kekeringan, kita dengan santainya memutar kran, dan dengan selang kita menyiram tanaman dikebun, mencuci mobil dan lain sebagainya. Nah disaat kita bermain air dengan selang, jika sampai ketahuan mereka yang kesulitan mendapatkan air alangkah terkutuknya kita. Tidak sadar kita menggunakan air kualitas nomer 1 sekedar hanya untuk menyiram tanaman atau cuci mobil, padahal itu adalah air bersih layak konsumsi.

Di negara-negara maju, penggunaan air diatur dengan regulasi yang ketat. warga negaranya juga sadar akan arti penting air. Air kwalitas nomer 1 hanya untuk konsumsi, sedangkan cuci pakaian, siram bunga tetap menggunakan air kwalitas dibawahnya. Bagaimana jika sedikit mengadopsi prilaku mereka agar air itu tidak sia-sia keberadaanya. Buat bak penampungan atau kolam untuk menampung air sisa rumah tangga, seperti cuci piring, pakaian, atau sekedar untuk mandi. Engan perlakuan kusus, seperti:penyaringan, pemberian karbon aktif dan penjernihan setidaknya sudah bisa meningkatkan baku mutu air. Air limbah yang coba didaur ulang, masih bisa digunakan menyiram bunga ditanam, mencuci mobil atau sebagai cadangan air.

Sebuah konsep sederhana, namun bisa menyelamatkan dan menambah nilai pakai air. Pemakaian detergen seminimal mungkin, juga akan menjaga kwalitas air, sebab detergen dan cairan pembersih juga menjadi andil dalam penurunan kwalitas air. Pemakaian air secara bijak, hemat dan tepat secara ekologis dan ekonomis juga akan berdampak positif. Air memang melimpah dan acapkali tidak ada, nah kesempatan kita bagaimana menjaga sumber kehidupan tersebut agar baik kondisinya dan tidak tersia-siakan keberadaanya. Kalau tidak dari diri sendiri, akan mulai dari siapa.

Advertisements

8 thoughts on “Cuci Motor Pake Aqua

  1. “Pemakaian detergen seminimal mungkin,……” bukan promosi….. sekarang sudah banyak bahan pencuci yang tanpa pakai air ( pinball), ada juga deterjen yang limbah cuciannya bisa untuk menyirami tanaman…. kita bisa gunakan itu untuk mengurangi pencemaran

  2. giehart said: “Pemakaian detergen seminimal mungkin,……” bukan promosi….. sekarang sudah banyak bahan pencuci yang tanpa pakai air ( pinball), ada juga deterjen yang limbah cuciannya bisa untuk menyirami tanaman…. kita bisa gunakan itu untuk mengurangi pencemaran

    bijak selalu Om Gie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s