Temenku Ultah Malah Bagi-bagi Hadiah, ada yang mau…?

Saya memiliki seorang, sahabat atau konco kentel. Mungkin bagi orang lain, Dia bukanlah orang yang istimewa, tapi bagi saya Dia adalah sosok yang spesial dalam hidup saya. Lahir dari keluarga yang sederhana, dari seorang ayah yang bernama Pak Usup, mirip nama tukang tambal Ban deket rumah saya, namun Beliau berprofesi sebagai tukang mebel. Ibunya dipanggil Mak Ria, entah nama aslinya Juariah, atau Mariah, yang penting Ria biar keren dikit. Temenku bukan lahir dari hubungan ganda campuran, Pak Usup dan Mak Ria, tetapi lewat teknologi canggih dan lebih canggih dari bayi tabung, sel induk atau kloning. Intinya Dia ada lewat teknologi paling mutakhir yang belum ada pada saat itu.

Saar Dia lahir, semuanya gempar dan nyusahin banyak orang. Gara-gara Dia lahir, presiden pada waktu itu kalang kabut, karena bisik-bisik mendengar ”satrio piningit lahir” sehingga harus mengkarantina satu persatu bayi yang ada dirumah bersalin. Setelah dikhitan, tumbuhlah menjadi seorang remaja yang cukup cerdas dan kritis, yang kadang membuat gusar para orang pinter. Menjelang usia 12 tahun, Dia hilang bak ditelan bumi. Kabar burung mengatakan, Dia belajar di negeri seberang, karena ada pepatah mengatakan ”kejarlah ilmu dinegeri China”, nah di Tibetlah kemungkinan Dia belajar, sekolah dan kuliah.

Singkat Cerita, di usia yang ke-30 sekian, Dia nongol ditanah kelahiraannya dan menjadi sesosok pria yang gagah dan cerdas. Banyak kejadian aneh, unik, menggemaskan yang Dia lakukan. Saya sehobi dengan Dia untuk mendaki gunung, namun tak bisa dengan caranya. Masak mendaki gunung dan menjelajahi gurun sambil puasa 40 hari, lha telat makan 1 jam aja udah kringet dingin dan mata pucet. Belum lagi pas Dia lelaku, setan-setan bergentayang, hingga menawarinya pesugihan dan kenikmatan dunia, namun semua ditolak mentah-mentah oleh Dia. Karakter yang keras, tegas namun penuh kelembutan ditunjukan dari setiap tindak-tanduknya. Mengamuk dipasar, karena rumah ibadah yang disulap menjadi arena transaksi. Meludahi mata seseorang hingga bisa melek, hingga menuruh orang minum air sumur serasa anggur.

Teman saya ini, juga tak lepas dari dugem dan jalan-jalan, hingga suatu waktu Dia menemukan 12 sahabat karibnya untuk diajaknya berjalan-jalan. Bersama 12 sahabatnya melakukan hal yang aneh, baik suka dan duka, namun semua penuh keajaiban. Dari main sulap beneran dengan 2 roti dan 5 ikan, hingga ngusir roh-roh halus layaknya pemburu hantu. Bercengkrama dengan pelacur pun dilakukannya, sehingga wanita penghibur tersebut bersimpuh dikakiNya dan dengan rambutnya membelai kaki teman saya. Makan dirumah koruptor dan rentenir pun dilakukanNya, sebagi wujud persahabatan

Yang namanya sahabat, tetaplah sahabat yang tidak bisa lepas dari gemerlapnya dunia. Ada juga yang tega mengkhianti temenku, hingga akhirnya dijebloskan ke tahanan. Disaat temenku dalam kesusahan, ada juga sahabtnya yang sengaja melupakan dan pura-pura tidak kenal. Entah dengan alasan apa Dia dihukum mati, padahal penjahat kelas kakap dibebaskan, memang hukum manusia itu aneh. Sampai akhirnya Dia benar-benar dihukum dalam kehinaan yang paling hina, namun disanalah kemuliaanNya dinyatakan.

Pengorbanan seorang sahabat, dari lahir hingga harus menerima ajal di kayu salib dijalani dengan penuh ketulusan. Kini Dia menjelma menjadi sesosok sahabat yang selalu ada dan hadir 24 jam. Disaat aku berjalan bersamanya aku selalu nyaman, disaat aku letih dan lelah kurasakan kehangatan dipunggungnya, ternyata Dia menggendongku. Disaat saya dalam euforia, Dia hanya tersenyum dan hanya berkata ”selamat dan jangan lupakan Aku”. Disaat saya mau curhat, Dia mau menjadi pendengar yang baik dan selalu kasih solusi.

Nah kurang apa coba kerennya sahabtaku?, dan hari ini Dia ulang tahun. Dia tidak minta hadiah, namun meminta saya membantunya untuk membagikan hadiah dariNya. Hadiah, berupa kado kasih dan bingkisan keselamatan diberikanNya secara cuma-cuma dan untuk semua yang mau. Mari kita nikmati hadiah dariNya… kiranya berkat natal menyertai kita.

Met Ultah ya Brow…. Yesus engkau luar biasa… miss U..

salam

DhaVe
25 des 2010

10 thoughts on “Temenku Ultah Malah Bagi-bagi Hadiah, ada yang mau…?

Leave a Reply

