Kampusku Floraku Ciptakan Nuansa Akademis Kembali ke Alam


Suasana lingkungan kampus yang asri, sejuk, hijau dan alami membuat nuansa belajar yang nyaman dan menyenangkan. Kondisi inilah yang menjadi daya tarik Universitas yang mendapat julukan Indonsia Mini. Sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Kota Salatiga, Jawa Tengah menerapkan konsep kampus hijau dalam menata lingkungan kampusnya. Universitas Kristen Satya Wacana yang terletak diketinggian 600 meter dari permukaan laut dengan hawa sejuknya menjadikan nuansa kampusku floraku sebagai wadah edukasi dan konservasi.

Disaat memasuki pelataran kampus UKSW akan disuguhi pemandangan yang serba hijau, dimana aneka pepohonan tumbuh menjulang diberbagai tempat disertai taman bunga disekelilingnya. Tanaman khas Salatiga “Rejasa” menjadi welcome drink bagi para tamu yang pertama kali menginjakan kaki di kampus Miniatur Indonsesia tersebut. Tak ketinggalan tanaman Sapu Tangan dengan daun yang lebat menjadi kanopi dari terpaan sinar matahari, sehingga membuat nyaman bagi yang berteduh dibawahnya.

Suasana Indonesia Mini terasa dimana banyak Mahasiswanya yang berasal dari pelosok penjuru tanah air yang studi di UKSW. Sebuah representasi dari keanekaragaman suku di Indonesia ada di kampus ini, tetapi tidak hanya mahasiswanya saja, namun flora ikut menjadi bagiannya. Setiap kali liburan dimana mahasiswa kembali kedaerahnya masing-masing, maka disaat kembali dari liburan ada yang membawa buah tangan berupa tanaman khas dari daerahnya masing-masing. Untuk mahasiswa dari Indonesia Timur membawa oleh-oleh berupa pohon Cendana, atau dari pulau terpencil Karimunjawa dengan tanamanan khasnya Dewa nDaru, serta masih banyak lagi yang lain.

Kampusku Floraku menjadikan lingkungan kampus sebagai laboratorium alam untuk studi tanaman. Aneka jenis tanaman ditanam disepanjang jalan kampus, kebun dan taman, seolah tak ada sejengkal tanah yang kosong. Adanya keragaman tanaman-tanaman tersebut dijadikan sebagai media pembelajaran, dimana setiap pelajar dan mahasiswa cukup berkeliling kampus untuk mempelajari keanekaragaman tanaman. Setiap jenis tanaman selalu diberi label atau papan nama yang memberi informasi nama tanaman dalam bahasa lokal, latin dan keluarga dalam susunan taksonomi.

Usaha konservasi juga dilakukan dalam program kampusku floraku. Dalam kebun pembibitan dilakukan persemaian beberapa tanaman yang nantinya digunakan untuk penghijauan dan tambal sulam tanaman yang sudah tua. Lewat beberapa cara dilakukan juga untuk menyelamatkan tanaman-tanaman langka dan hampir punah. Lewat media kultur jaringan dilakukan usaha untuk menyelamatkan tananaman langka tersebut. Sebuah harapan besar ditanamkan untuk tetap menjaga kelestarian dan keanekaragaman tanaman sebagai wadah edukasi, konservasi dan pencegahan pemanasan global.

Kampusku Floraku diharapkan bisa menjadi contoh dan pola pikir untuk menjaga bumi ini dari pemanasan global dimanan tanaman menjadi jalan satu-satunya untuk mencegah. Suplay oksigen. penyerapan panas dan sumber karbon, penyimpan air, penguat struktur tanah, pelindung bagi beberapa fauna. Arti penting tanaman bagi kehidupan setiknya bisa menggugah kesadaran untuk terus menjaga kelestarian tanaman. sebuah pesan singkat “Bumi Kita Satu, Satu Bumi Kita, Mari Bersatu Menjaga Bumi Kita”.

24 thoughts on “Kampusku Floraku Ciptakan Nuansa Akademis Kembali ke Alam

  1. ndiphe13 said: hehehe sippp banget mas…kapan iki diterbitkan ke kampusku…? ben tambah joss kampusku kui…ben dino kok akeh wit sing ditebang…

    Rencana bulan ini Mas…. nunggu ramuan dulu….Ya nebang asal nebang sak penak ususe dewe….

  2. dhave29 said: iyes…seger awohe…..

    cepet men to awohe…… ora percuma esuk2 mruput ngajak koh Ronny mangkat nJepara, awan wis tekan Sl3 meneh….. sing penting sp sik sing ngopeni, eyang Narto…….

  3. canis39 said: cepet men to awohe…… ora percuma esuk2 mruput ngajak koh Ronny mangkat nJepara, awan wis tekan Sl3 meneh….. sing penting sp sik sing ngopeni, eyang Narto…….

    iya hahaha….joss…cedak FSM..aku wis ngicipi awohe…tak poto trus tak emplok…setu wingi…

  4. canis39 said: cepet men to awohe…… ora percuma esuk2 mruput ngajak koh Ronny mangkat nJepara, awan wis tekan Sl3 meneh….. sing penting sp sik sing ngopeni, eyang Narto…….

    **mengacungkan 2 jempol utk UKSW**mengacungkan 2 jempol utk yg menulis (= peduli = menghargai)

  5. dhave29 said: iya hahaha….joss…cedak FSM..aku wis ngicipi awohe…tak poto trus tak emplok…setu wingi…

    hahaha…..awan-awan njur langsung kon nandur karo eyang je, mung sayange ora ana potone…..aku wae durung tau ngicipi wohe je, koq malah mbok dhisiki….. seger endi karo sing ning latare pak carik Kemujan??

  6. canis39 said: hahaha…..awan-awan njur langsung kon nandur karo eyang je, mung sayange ora ana potone…..aku wae durung tau ngicipi wohe je, koq malah mbok dhisiki….. seger endi karo sing ning latare pak carik Kemujan??

    tetep seger sing kemujan…. apa maneh sambi dolanan edor hahaha…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s