Gaji Cleaning Service Setara dengan Gaji Manager

Muda kaya raya, dikelilingi wanita, foya-foya, hidup sejahtera, tua mati masuk surga. Siapa yang tidak suka dan bercita-cita menjadi anaknya juragan minyak yang berlimpah harga. Tanpa harus kerja, meres keringat, dengkul jadi otak, otak jadi dengkul atau tergopoh-gopoh jadi kuli. Semua bekerja demi mendapatkan kesejahteraan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan ada yang menimbun jerih payahnya untuk mendapatkan sebuah kekayaan materi.

Semua rela bekerja membanting tulang dalam rangka mendapatkan materi yang diincarnya. Baik halal maupun haram dilakukan untuk bisa mensejahterakan diri. Dalam kitab suci dikatakan, jangan makan kalau tidak kerja, atau belajarlah dari semut dalam bekerja. Dalam urusan ini, maka konteks kerja dijadikan alasan mengapa orang menginginkannya. Orang sekolah tinggi-tinggi beradu kepintaran agar nantinya dapat bekerja dengan layak dan bisa mendapatkan materi.

Bagaimana jika tidak bekerja tetapi bisa memperoleh materi?. Ini bukan konteks memelihara tuyul atau babi ngepet, sebab dengan cara magic juga memerlukan kerja keras untuk mendapatkan uang. Ini benar-benar tanpa kerja, tanpa meras keringat tetapi mendapatkan gaji/uang yang halal. Nah siapa yang tidak bahagia dengan tawaran tersebut, bisa duduk ongkang-ongkang tetapi dapat duit yang halal. Apakah semua orang bisa menerima keadaan ini dala rangka mendatkan uang/materi.

Masing ingat dengan beberapa perwira non job yang ada di Mabes Polri. Tanpa ada tugas, tanggung jawab, hanya ngantor tiap hari dan akhir bulan menerima gaji. Bagi orang yang melihat, enak juga ya kongkow-kongkow dapat gaji tetap tiap bulan. Banyak orang menginginkan tetapi bagi anggota Polri tidak demikian adanya, sebuah pekerjaan tanpa ada tanggung jawab terhadap tugas yang diembanya sungguh menyiksa batin. Tidak mungkin dikatakan gaji buta, karena tiap bulan sudah digaji negara.

Alkisah di sebuah kantor saya beberapa waktu yang lalu. Sebuah kejadian tragis terjadi, entah apa awal dari masalah itu timbul tidak ada yang paham, hanya aras pimpinan yang tahu. Salah satu Manager di non job kan dari kursi jabatannya, dimana Beliau akan di gaji dengan standar manager, tetapi bebas dari tugas dan tanggung jawabnya. Terserah beliau mau apa, mau masuk, mau kerja, mau tidur-tiduran terserah tak ada masalah. Bagi yang tidak tahu menahu, maka akan bersorak sorai dan segera cari pekerjaan baru, sebab nganggur saja sudah digaji. Tetapi apa yang terjadi, Manager tadi tiap pagi membantu cleaning servis bersih-bersih kantor, sedang siangnya membantu satpam untuk mengatur lalulintas kendaraan pabrik.

Sungguh tragis yang terjadi, beberapa karyawan yang melihat trenyuh dengan apa yang terjadi. Sebuah kondisi ketidaknyamanan diciptakan perusahaan agar Manager tadi segera anggkat kaki dengan sendirinya tanpa harus ada surat PHK. Tidak tahu mengapa, manager tersebut tetap kerja apa yang bisa dikerjakannya. Bahkan ada yang berseloroh, ini cleaning servis atau satpam termahal di Indonesia hahahaha…. Akhirnya kondisi semakin memburuk dimana perusahaan memberikan surat untuk merumahkan Manajer tersebut dan setelah beberapa hari ada surat pengunduran diri masuk di meja pimpinan.

Sungguh beban moral tersendiri tentunya, tanpa tugas dan tanggung jawab tetapi mendapatkan penghasilan yang tinggi. Mungkin bagi orang yang belum pernah merasakan sebuah pekerjaan tentang arti tugas dan tanggung jawab akan lenggang kangkung bahagia, tetapi bagi yang sudah merasakan asam garamnya pekerjaan akan menjadi beban moral tersendiri.

Dalam sebuah kitab suci dikatakan; Tuhan jangan jadikan aku kaya atau miskin, biarkan aku menikmati apa yang menjadi bagianku. jadikan aku orang yang jujur dan jauhkan dari kecurangan, agar disaat kelimpahan aku ingat Engkau dan saat kekurangan tidak mencemarkan namaMu.

Selamt bekerja dan berkarya, nikmati dan syukuri apa yang menjadi bagianmu.

Salam

DhaVe
Meja Kerja; 25 Februari 2010, 12:00

52 thoughts on “Gaji Cleaning Service Setara dengan Gaji Manager

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s