Mendadak Punya Istri Hamil

Salah persepsi kembali melanda, setelah sebelumnya hanya menjadi peran keci layaknya OB, tukang poto atau hanya sekedar pengamen dan kuli toko bangunan. Kali ini melibatkan banyak insan bermacam kalangan, tetapi saya bersyukur karena tidak ada yang mengenal saya atau sodara saya, jadi aib ini masih tersimpan rapat. Kadang kalau teringat jadi tertawa sendiri, sekaligus mencambuk rasa peduli kepada orang lain serta persiapan kelak menjadi suami yang baik.

Berawal dari sebuah seminar aras nasional, dimana dituntut pakain resmi, karena dihadiri oleh pejabat tinggi. Celana kain, sepatu semiran kempling, kemeja hitam garis putih lengan panjang dan tas laptop serta sedikit semprotan nyonyong eu de cologne yang ringan-ringan, tak lupa rambut kasih minyak dikit. Menjadi salah satu asisten pembicara kunci adalah sebuah kebanggaan tersendiri, dimana harus membantu dalam presentasinya.

Cerita di mulai saat acara sudah selesai, dan pulang menuju rumah dengan naik minibus 2 pintu. Saat masuk ke pintu bis, sambil plingak-plinguk melihat kursi kosong.
“Wah penuh semua… ehh masih ada 1 dink…lumayan”. Sebuah kursi kosong, yang kebetulan disamping saya ada seorang gadis 20an tahun, cantik juga yang sedang hamil.
“permisi mBak… bisa sebelahan…?” tanya saya
“silahkan.. mas..” jawabnya halus.

Dasar otak kadal, maka mencari ide untuk bisa di ajak ngobrol. Topik pendakian gunung tidak mungkin, fotografi apalagi, bicara mikrobiologi wah kejauhan dan terlalu ilmiah. Mutar otak biar dapat obrolan yang nyambung, “ayoo..ayooo…..ayoo…cling.dapat juga” yes mari ngobrol.
“wah adiknya udah berapa bulan nie…” tanya saya…
“hemm mau jalan 7 bulan mas” muuueeerahhhh pipinya…
“wah mau mitoni donk”
“bentar lagi Mas..minggu depan kayaknya, “…
“loh dari mana mBak kok banyak sekali bawaanya”
“habis belanja perlengkapan bayi Mas..”
“ow…” sambil angguk-angguk sok tau dan menjilat (dasar kadal)

Bus berjalan dan obrolan dimulai, dari mitoni, nutrisi omega3 dan 6, DHA, ilmu kandungan dan nutrisi, pokoknya ilmu yang dikursi kuliah tumpah ruah sambil share. Obrolan kami yang hangat membuat banyak orang yang melihat dan berdiri disamping kami lirak-lirik. Tidak tahu apa yang ada di pikiran mereka, mungkin ceramah kok didalam bus, apalagi di sambi bercanda tertawa dengan sedikit banyolan. Penumpang bus semakin berkurang, tetapi masih ada yang berdiri.

“permisi Mas.. mau turun di depan sana” tanya mbake
“oh silahkan…” saya hanya menggeser badan dan mengarahkan kaki keluar kursi agar mbaknya bisa lewat. Tiba-tiba bis mengerem mendadak dan mbaknya hampir saja jatuh. Dibelakang ada seorang ibu yang nyeletuk keras sekali…
“mas istrinya ditolongin….mbok an…kasihan kan” Saya diam tak bisa berkata-kata. Ibu tersebut kembali ngomong…
“wis ndak usah malu, nikah muda ya ndak papa… lha istrinya cantik juga tho… kasihan tuh anaknya” mBaknya mueerah dan tambah mueerah mukanya dan saya malah pucet kringeten.

Eh ibunya belum juga diam dan masih nerocos terus;
“mas..mas.. mbok eman-eman sama istrinya, udah hamil tua tuh di jaga…” dan penumpang lain pun menyahut.
“bener mas..kasihan..”
“tuh tasnya dibawain turun…”
“ya begitu dituntun…pelan-pelan… hati-hatii…” saya pun mengikuti instruksi mereka dimana 2 tas gede nyantol dipundak kanan kiri, tangan kanan menuntun tangan mBaknya untuk turun.

Sampai juga di bawah..
“mBak ini tasnya…” lalu saya lompat lagi di bus
“makasih mas” sambil senyum dan masih merah menahan malu.
“loh istrinya kok ditinggal sendirian Mas” tanya kernet ama ibu yang tadi nerocos melulu. Dengan sekuat suara saya proklamirkan
“itu tadi bukan istri saya, kebetulan saja duduk satu kursi” dan seperti paduan suara, orang satu bis menyanyi
“oooowwwwwwwww….” malah sang sopir ngakak-ngaka…k…

Baru saja duduk, ibu yang nerocos tadi belum selesai juga ngomong.
“wah sudah pantes kok mas punya istri, ya saya doain ntar anaknya tadi bisa seganteng mas, sepinter mas dan sebaik mas” Gubraaak….
” ladalah… dan ibu berharap itu anak saya hahahaha…. ntar suami-nya ngamuk donk kalao mirip saya”
“ya ndak papa tho, kan cuma harapan….” sahut ibu tadi
“iya..iya bu..ngikut…manut..manut… depan kiri mas..” sampai juga dirumah dengan kenangan dan berharap tak ada yang tahu.

Jadi inget waktu ama Nonik nonton film Janji Joni, saat istri sopir Taxi mau melahirkan…. Sebuah pelajaran yang menggugah rasa empati dan peduli kepada ibu yang mengandung. Salam hormat saya yang sedang hamil…

Salam

DhaVe
Office; 14 November 2009; 10:10

Advertisements

46 thoughts on “Mendadak Punya Istri Hamil

  1. dhave29 said: mBak….ya? habis liat fotonya kaya Om..seh..sori budhe..mbake..maafin DhaVe ya… 😀

    @opay; iya seh…. oke dah… mBak deh lain kali..mBak Opay…@kutexmerah; boleh..yuk mari..yuuuuk…. makasih ya udah maen-maen… salam

  2. dhave29 said: mBak….ya? habis liat fotonya kaya Om..seh..sori budhe..mbake..maafin DhaVe ya… 😀

    Hahahaha… Gimana rasanya dhave jadi suami dadakan hasil vonis para ibuk2 bis? Hehehehe…Dikau beruntung ketemu ibuk2 kek gitu

  3. dhave29 said: mBak….ya? habis liat fotonya kaya Om..seh..sori budhe..mbake..maafin DhaVe ya… 😀

    @lala; ya namanya juga panggung sandiwara mBak…@samuel; rasanya ya puceeet kringeten ntuh hahaha… ketemu ibu ya mimpi buruklah hehehe.. tapi mantab nie…

  4. dhave29 said: mBak….ya? habis liat fotonya kaya Om..seh..sori budhe..mbake..maafin DhaVe ya… 😀

    @lala; ya namanya juga panggung sandiwara mBak…@samuel; rasanya ya puceeet kringeten ntuh hahaha… ketemu ibu ya mimpi buruklah hehehe.. tapi mantab nie…

  5. dhave29 said: ngko pada mbecek yo… ojo lali kondangane.

    sepertinya tanda dirimu harus segeraaaa “mendapatkannya”… Tuhan sedang memberikan “warning sign”…open your eyeesssss….follow your heartt… SEMANGAT!!! 🙂

  6. dhave29 said: ngko pada mbecek yo… ojo lali kondangane.

    @samuel; kira-kira begitu yaw… wah udah pernah dunk…@vivi;pre wed-nya dulu dunk hehehe… wes tenang saja.. begitu dapat langsung proklamasi deh…Yah Tuhan punya rencana yang indah, suruh belajar dulu kalee yach….@myyhere; haha…. lucu tapi bikin kringeten… makasih mBak udah ikut tertawa… senyum 😀

  7. dhave29 said: ngko pada mbecek yo… ojo lali kondangane.

    @myyhere; yoook senyum… sambil mringis….@samuel;iya kalee ya…?@agnes;wah kayaknya asyik ntuh mBak.. oke dah semoga bisa tak koleksi… ntar mau jadiin buku.. btw kumpulan cerita pendakian 7 puncak tertinggi di Indonesia udah jadi primbon 300an halaman ntuh….

  8. dhave29 said: ngko pada mbecek yo… ojo lali kondangane.

    @agnes;wueeduh… ngopi 300an halaman… cuma cetak 1 buah sajah… nanti kalau udah revisi saya bikin lagi deh.. sapa tau ada penerbit yang minat, kalo gak ada ya terbitin sendiri wehehe…

  9. dhave29 said: ngko pada mbecek yo… ojo lali kondangane.

    lhaaa..katanya kadal,kok malah pucet kringetan wong seneng kok ngadalin..plus megang2 dikit…wakakakak…musibah po anugerah to,mas…?hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s