Ngobral Aib Jadi Sebuah Pengalaman Maha Guru Pendidikan

Pengalaman adalah mahaguru dari sebuah pendidikan (m eDyaN), orang yang pintar, tetapi tidak berpengalaman ibarat makan tanpa kenyang. Sewaktu masih duduk dibangku kuliah, saya dan rekan di ajak seorang Dosen dengan gelar didepan belakang. Otaknya tak diragukan lagi encernya, dibidang kajiannya tentunya. Pulang dari penelitian terumbu karang di sebuah pantai yang menguras tenaga untuk menyelam, ploting, dan sampling.

Kebetulan hari itu bertepatan dengan hari jadinya yang ke 30. Kamipun diajak meluncur ke sebuah mall dipusat kota “makan besar horeee…hari gizi nasional”. Akhirnya dengan langkah pasti pak Dosen masuk kesebuah kedai makan pisa hat.
“phee… pesen sana, buat kita ber-empat, terserah apa” perintah dosen ke saya.
Clingak-clinguk, plongak-plongok (mirip gaya komedian Thukul Arwana)
“dasar wong ndeso, kenapa mesti saya” saya bingung karena belom pernah makan ditempat gituan, karena status mahasiswa dengan rambut gondrong, malu donk.

“ada yang bisa saya bantu Mas?” tanya seorang pelayan
“gini mbak, saya dan teman-teman mau pesan makanan, apa aja yang ada disini?” tanya saya. Pelayan yang nampak ramah dan cantik pun menyodorkan daftar menu, tak lupa sebuah candid cam mengintip wajah cantiknya. Selesai pesan menu yang tidak tahu namanya, bentuknya, rasanya dan asal pesan saja, segera saya menuju meja taman-teman. Tak ada 15 menit makanan datang, ada 4 piring besar telor dadar besar dengan taburan bawang india, jamur, saos, keju, cuilan daging, dan 4 teko kokakola.

Nampak kami saling pandang satu dengan yang lainnya.
“phee, segone ndi? kok martabak tok” (phee nasinya mana, kok hanya martabak). tanya teman asal Toraja yang tak kalah udik.
“ora dodol Bleh” (tidak jual Bleh” jawab saya.
“mbak minta krupuk ada?” teriakan lantang teman dari Kupang, NTT.
“maaf Mas, tidak ada..” jawab pelayan.
“phee… aku ndak bisa minum kokakola, aku gak doyan, kalau ada teh anget apa kopi tubruk saja, disini dingin” pak Dosen request lagi.
“wah disini gak ada Pak, ntar beli diluar saja, minum akua aja yang saya bawa ditas saja” jawab saya.

Setelah berdoa ucapan syukur buat ulang tahun dan berkat makanan, kembali kami salaing pandang.
“mangane piye?” hampir serentak kami berkata bersama.
“gerrr.hhh” sambut tawa kami, tanpa basa-basi dan permisi langsung hajar apa yang didepan kami. Pisau, garpu, roda bergerigi tertata rapi dipojok meja. Baru habis setengah kami menghentikan langkah rahang kami, perut rasanya penuh dan sesak.
“wah pesannya kebanyakan, seharusnya 2 porsi cukup” tanya teman.
“wes bungkus saja, buat ntar malam dikost” ada yang nimpali.

Plastik sampel kami gunakan untuk bungkus pisaa, dan botol reagen steril buat nampung koka-kola. Misi selenjutnya adalah membayara, kali ini dosen saya turun langsung kekasir. Tak berapa saat dia kembali lagi dengan wajah pucat kringeten.
“kalian punya 30ribu gak?, saya cuma ada 90ribu” sambil menunjukan bill 120ribu. Kami glagepan setengah mati, anak kost, tanggal tua, akhirnya patungan 10ribuan.

Misi completed, didalam mobil kami melakukan pengakuan dosa, ternyata itu ibarat malam pertama kami. Gelak tawa kebodohan, dudul, gebleg, jadi satu. Ingin sok gaya kelas Warteg, nyasar diwaralaba Amrik. Pengalaman sederhana yang membekas dalam sebuah memory jahiliyah.

Menginjak dunia kerja, ternyata lebih parah lagi. Sering diajak juragan kemping dihotel, bingung cari kunci “masak cuma dikasih gantungan kunci mirip kertu perdana utuh”, . Setelah memasang muka badak didepan bell boy, bingung cari gayung dan kran kamar mandi, mau buang hajat juga kringeten (biasa dikali). Waktu di ajak dinner lebih puyeng lagi. Mirip di sabana Afrika, ibarat menjadi seekor Singa kelaparan. Semua serba daging, pisau bedah berjejeran, sendok nasi bermacam bentuk, garpu, piring “bajigur…piye iki carane mangan”.

Dalam hati menerawang jauh, andaikata dirumah, hanya modal kobokan langsung ciak “muluk” (makan pakai tangan). Akhirnya jurus Leopard saya keluarkan, Wait and See, sambil menunggu dan melihat para juragan makan. 86 sedikit, akhirnya coba-coba, kaku, mlengse, mleset, njepat, dan muluk juga akhirnya dengan muka kebo budeg. Table Manner ala kadarnya, karena berbeda dengan adat dan harus mengikuti gaya penjajah.

Pelajaran dan pengalaman memalukan saya lalui, rai dek ndas teng (muka gedek “anyaman bambu kepala banteng”. Berkaca dari dosen dengan titel depan belakang, yang “katro” habis dan bergulat dengan buku, laboratorium seolah enggan melihat pelajaran diluar sana, akibatnya perutnya mules minum karbonasi, dan tak tahu ambil bill.

Saya yakin diluar sana banyak aib yang pernah dilakukan rekan MP yang menjadi pengalaman berharga, ada baiknya berbagi rahasia aib. Masih banyak sebenarnya aib ini, niscaya kalau kopdar, dawet darat bisa berbagi semalam suntuk hahahaha….. dijamin mules dan rahang mau patah nahan tertawa.

Salam semoga bisa jadi cerita pagi

Salam

DhaVe

Bensin Ria, 12 September 2009; 08:45

24 thoughts on “Ngobral Aib Jadi Sebuah Pengalaman Maha Guru Pendidikan

  1. lavenderpagi said: wadoooww kl berbagi ak bs malu setengah mati ada kejadian yg lebih dasyat dr itu yg pernah ak alamihahahhahaha…maluuuuuuuuuuuuu

    kan biar yang lain gak jadi malu kan..hehehe…cukup saya sajah yang malu hehehe…pisss

  2. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    Mas Dhaveee.. Aku bukan Om,,, tapi Tanteee…!Weww.. Kayaknya gara2 HS ku ni.. Jari2 ga lentik, tdk mencerminkan kewanitaan. Hwakakkaa..

  3. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    @angel; wah nywun ngapunten budhe…. sepurane dalem mboten mangertos hehehe… HS dipun gentos mawon@vivi; yang pasti kenyang, first time sak umur-umur je hahaha… urusan mules belakangan, tapi kalau pusing iyah… duite habis buat makan 2 hari hehehe… jadi maulu@sulisyk; saya tunggu aib-nya Om hahaha… dudul bener

  4. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    hahahahahhahahhhaha aku yo wis tahu mas bingung meh pesen pitsa, rak mudeng jengenge tur ga iso moco boso linggis :Dpa lagi makan pake pisau….. mending langsung pake tangan aja deh, orang cuma roti doang, ahhahahhahahahayen kopdaran meneh aku dicritane yo mas 😀

  5. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    hehehhee…. orang bule juga bisa norak liat sesuatu yang primitif..waktu itu saya masih tinggal di negaranya Paman Sam… dan masih pacaran ama wong bule…suatu hari, ibu saya nyuruh saya minta pacar bule saya datang karena ibu saya masak masakan Indonesia yang lengkap dengan ikan asin kipasnya…. Pas lagi mau makan, pacar bule saya tiba2 kaget dan mendecak keras sambil ngambil sepotong ikan asin kipas dan bilang” wow!your mom is amazing!…how the hell she does this?… did she really make these fish dehydrated and cook’em?” bukan maen, bego banget lu bul bul…. hehhehee… disangka emak gue beneran bikin tu ikan kering dan gepeng dengan cara di dehidrasi kan…belum lagi liat cobek… asli dia bingung..”your mom still cooks on a stone?..wow! this is really amazing..”yang ada seharian itu gue ga makan tapi sibuk njelasin ke pacar bule gue ini itu…cape deeee…

  6. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    @jarody; wah pengakuan dosa kie critane hehehe….@lala; iya dah kali teh darat bisa berbagi cerita…@horotoyo; yo ana bule gebleg (wush…ngarani pacare m dDyan hehe). Untung gak disuguhi onde-onde, kembang goyang, mbe pepes kemadu hahaha…. asyik juga mbak critane… mesti iseh akeh stok e hayuuu.. ditulis hahaha…. suwun..

  7. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    @jarody; wah pengakuan dosa kie critane hehehe….@lala; iya dah kali teh darat bisa berbagi cerita…@horotoyo; yo ana bule gebleg (wush…ngarani pacare m dDyan hehe). Untung gak disuguhi onde-onde, kembang goyang, mbe pepes kemadu hahaha…. asyik juga mbak critane… mesti iseh akeh stok e hayuuu.. ditulis hahaha…. suwun..

  8. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    @ekobs; hayoooo akhirnya ngaku juga hehehe… ceritain dunk Om biar bisa jadi obat cuci perut hehehe

  9. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    Waktu itu temen di Sun Microsystem ngajak traktir perpisahan di Hanamasa … di mana makananya masih mentah dan harus dimasak dulu digoreng atau direbus. Sebenarnya aku dah tahu masalah ini, cuma entah kenapa … karena grogi atau dah lama (atau hampir gak pernah) ke resto yg megah gituan, aku katro banget … Gak tahu, dan bingung … jadilah setelah ambil tuh yg masih mentah-mentah, langsung bawa ke meja makan …Ya udah dech diketawain abis … malu banget !!!

  10. angelinelex said: Hakakkakaa…Aku keinget pengalamanku yg serupa ama mas Dhave! Uisiiin! Tp yo ndhableg wae,,, wong luwe jee… =)))

    @ekobs; wah kaya singo, makan mentah-mentah hahaha… asyik Mas…@Thah; ya sekali tempo Mas, sampai saat ini yo lagi pisan kui hahaha… gak mampu, kalau pecel mah meh tiap hari getu…. suwun

Leave a Reply

