Belajar Alkitab bersama K H Zainudin MZ

Teringat 10 tahun yang lali saat duduk dibangku SMA, ketika saya harus bangun pagi pukul 04:30. Kebiasaan turun temurun adalah, begitu bangun pagi langsung berdoa dan saat teduh. Saat teduh dilakukan dengan panduan buku renungan harian dan alkitab, tetapi anehnya sambil mendengarkan radio. Aneh memang sodara-sodara melihat prilaku saya, setelah saat teduh mendengarkan dakwah dari K H Zainudin MZ.

Radio Gajah Mada FM, setiap pagi selalu memutar rekaman dakwah dari Dai kondang tersebut, sampai diputar berulang kali dan beberapa saya sampai hafal betul jalan dakwahnya. Ada yang beranggapan aneh, mengapa selesai baca Alkitab saya melanjutkan mendengarkan dakwah dari kepercayaan sebelah.

“memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!” pembelaan saya dan semua dian tidak ada yang menjawab. Sekarang bukan saatnya berfanatik terhadap agamaku yang paling baik, nomer satu, yang lain mah lewat. Saya berpikiran, apa pesan tentang kebaikan dan kebajikan yang disampaikan melalui dakwah K H Zainudin MZ lebih mudah saya cerna dan pahami daripada di gereja, dimana pendeta selalu berpidato dengan model teks, persis seperti Ir Soekarno membaca teks proklamasi. Pernah saya menyeltuk “wah kasih potokopian saja, ntar baca dirumah Pak…!!”, karena tidak ada bedanya saya mendengarkan pidato kenegaraan.

Seorang Pendeta, Kyai, Dai atau pemuka agama lainnya, bukan berapa hebat dia bicara dengan selalu menguti ayat-ayat suci, tetapi bagaimana dia menyuapi jemaatnya dengan sesuatu yang lebih mudah dicerna, dimengerti dan bisa dilaksanakan serta sesuai dengan apa yang digariskan dalam kitab suci.

Agama mengajarkan untuk kebaikan dan kebajikan, bukan untuk hafal dengan isi kitab suci. Ada sebuah penggalan dalam kitab suci, “iman tanpa perbuatan adalah mati”, jadi percumah punya iman segede gunung tetapi nol dalam perbuatan. Saya beranggapan tentang semua ajaran agama itu baik dan menuju kebaikan pula, tidak peduli apa itu embel6embelnya.

Fanatisme agama coba saya buang dengan cara ekstreem, acapakali mendengar dakwah, mendengarkan sholawatan, membaca dharma, sampai orang bilang “dasar wong gemblung”. Saya memiliki iman dan kepercayaan saya sendiri, itu urusan saya dengan Tuhan. Tetapi tindakan dan perbuatan itu yang menjadi masalah, karena saya tidak hidup sendiri, itu yang menjadi alasan saya.

Nah sampai saat ini, dai Kondang dengan jargon “bethuul…” acapkali menjadi inspirasi dalam bersosialisasi, mengerti dan memahami ajaran tetangga sebelah sehingga tidak terkurung dalam dunia fanatisme. Di bulan ramadhan ini, toh tidak ada salahnya saya ikut berbahagia dan merayakannya (lha dapat THR juga lho…semoga natal dapat juga), Cara penyampaian yang sederhana dan mudah dimengerti… sungguh Tuhan telah mengaruniakan talenta yang besar buat sang Kyai, semoga dalam setiap dakwahnya selalu memberikan pencerahan bagi semua.

Mohon maaf bagi yang kurang berkenan.

Salam

DhaVe

Emperan Gereja, minggu 23 Agustus 2009< 10:10
(ayo pak… kotbahnya lama bangettt….!!!)

14 thoughts on “Belajar Alkitab bersama K H Zainudin MZ

  1. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    sudah saya tunjukkan “jalan” itu pada anda kan? akhirnya jadi pemburu matahari, dan penyulam gambar… mission accomplished..

  2. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    @alex… terimakasih KH Alexandra MZ hehehe… semoga amal ibadahmu bisa saya laksanakan… masih sepi karya nie… pada puasa kabeh, gak kuat hunting hehehe

  3. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    sama dong… saya juga sering denger khotbah pendeta protestan di radio yg kl khotbah pake logat jawa sambil disisipi dagelan… Dan buat gw, kebenaran datengnya dari Tuhan… terlepas dari siapa yg menyampaikan ….🙂

  4. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    wadohhhh…aku kok dah luamaaaa…nggak denger khotbah ya….???….tapi…peace…

  5. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    @jingglang; “bertobatlah…. kembalilah kejalan yang benar cak….” hehehe… pissss ahhh….

  6. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    @nakamu; setuju dengan OM… hehehe… lucu dan mengena…”brutu…telor…”

  7. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    Sbnrnya, Yg bikin ribet ttg agama itu manusianya sendiri… Bethul? :-D*Dengerin lwt streaming http://www.mustangfm.com, fm 88.00 (JKT), jam 5.30 pagi, bukan ceramah tp sharing agama, dijamin maknyus buat siapa pun anda..hehe…*@om alex: aku jg mau ”ditunjukan jalan” dnks.. Xixi…

  8. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    @vivi; setuju Mbak…. aku ikut dah, wah mau mencari pencerahan ama KZ Alexandara MZ yo… ajaran komposisi dan metering ntar hehehe

  9. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.Yohanes 14:6salam kenal Om….pisssemua orang adalah guru, alam raya sekolahku, Yesus adalah TUHAN & jurus elamatku

  10. dhave29 said: “memang ada yang salah, kalau ada tolong tunjukan sekaligus perlihatkan dan tuntun ke jalan yang benar!!!”

    @kenprint; Amin Om… setuju dah.. Pokoke Om Gondrong is my Lord… salam kenal juga Piss dah…

  11. dhave29 said: @kenprint; Amin Om… setuju dah.. Pokoke Om Gondrong is my Lord… salam kenal juga Piss dah…

    @alex; Om gundul kan cintanya Alexandra… aku kagak berani tho ya… sesama landscaper dilarang mendahului dan tertib serta saling mendukung…. hehehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s