Bos-Ku Kecap No.1 Puyer No.16

Jenjang strata S1 ku ambil 7 tahun, hampir drop-out baru lulus. Hampir 3 tahun ngendon di laboratorium untuk riset skripsi, hari-hariku selalu bergaul dengan tabung-tabung kaca, bahan kimia dan sekumpulan mahluk kecil bernama bakteri. Yach 3 tahun bukan waktu yang sebentar untuk kerja skripsi, beberapa artikel ilmiah hasil jerih payahku sudah menghiasi jurnal ilmiah Indonesia.

Belum sempat lulus ku sudah ditarik perusahaan PMA untuk memakai jasa ilmu dan kepakaranku. Pada awalnya berjalan lancar, lambat waktu kurasakan adanya perbedaan yang membuat miris dan getir hati ini. Haruskah ku racuni dan ku tipu umatMu ya Tuhan?.

Beberapa formula telah kutemukan untuk membuat dan mengawetkan makanan, tentunya dengan kaidah keilmuan dan sesuai dengan aturan main yang berlaku. Tetapi apa yang kudapat? semua hilang, hasil karyaku lenyap dimakan sang pemilik. Hah… selama ini cuma gaji hidup mati yang kudapatkan? weh..weh..weh..wehhh (kata Komeng dalam Wara-wiri).

Suatu saat sang juragan nyuruh bikin sebuah larutan yang berisi bahan kimia. Kucoba menghitung secermat dan setepat mungkin agar hasilnya mendekati sempurna. Setelah utak-atik rumus (v1.m1=v2.m2, kira-kira begitu), itung sana-itung sini, minta pertimbangan dan koreksi teman laboratorium. Hasilnya…treeteeet… perfect, hitunganku pas dan tidak meleset.

Selesai semuanya kusampaikan pada Juragan, ditanya sani-sini dan gak puas dengan hasil saya, itungan salah, kamu ngawur, kok tau bisa dapat segini. Kusodorkan coretan rumus yang hampir 2 halaman, berisi lambang kimia dan rumus turunan. Amarah semakin memuncak “kamu jangan sok tau, saya tidak butuh ini” yang kubutuhkan bagaimana menjadi ini”…..”gubrakkk…”meja di gebrak…

Wah.. ini yang goblog dan bego sapa coba? akhirnya denga berbesar hati “maaf, saya salah, mohon petunjuk apa yang harus saya lakukan”, “nihhh… kamu kasih beberapa tetes saja cukup”. BEBERAPA TETES CUKUP, hahaha… ilmu sains yang diciptakan para sesepuh jaman dulu telah dikalahkan dengan ilmu kira-kira…

Selama ini saya dikenalkan dengan yang namanya angka, rumus dan logika tetapi diberangus dengan main perasaan. Bermain musik atau menyanyi saja dimana feeling dibutuhkan mutlak tetap ada hitungannya denga ANGKA…

Terasa eman ilmu saya dengan ego Boss yang tidak mau kalah dengan orang tau dan lebih tahu, maka dengan segenap perasaan saya mencoba menyebut Boss dengan angka. BOS KECAP NOMER1 DAN PUYER 16, dimana-mana kecap tetap nomer 1 dan puyer sakit kepala tetap nomer 16, bintang tetap 7 hahaha…

Pak Dosen, pesanmu sebelum aku lulus ku coba kubagikan dengan rekan yang berkunjung, terimakasih bekal mu…
– dia tidak tahu, kalau dia tidak tahu; jauhi dia, karena penyesat
– dia tidak tahu, kalau dia tahu; bangunkanlah dia dari tidur
– dia tahu, kalau dia tidak tahu; ajarilah biar dia melihat
– dia tahu, kalau dia tahu; belajarlah dengan dia

Mohon maaf bila ada yang tidak berkenan

Laboratorium, 22 Mei 2009, 09:30 WIB

14 thoughts on “Bos-Ku Kecap No.1 Puyer No.16

  1. msh inget pasal 1 & 2 bro? merasa selalu ‘benar’ dan terlalu gengsi mengakui kekurangannya karena sudah berembel-embel ‘BOS’..tempat aku juga sama bro..

  2. msh inget pasal 1 & 2 bro? merasa selalu ‘benar’ dan terlalu gengsi mengakui kekurangannya karena sudah berembel-embel ‘BOS’..tempat aku juga sama bro..

  3. Yah sing sabar Nang.. 1X, 2x, 3x dan seterusnya yg namanya Boss begitu, tetep akan jd Boss yg paling benar.. Kamu pelajari aja gaya dia, ambil hikmahnya, Kalo kamu ga tahan tinggal keluar aja, msh bnyak kok diluar sana yg mau terima kamu yg berilmu.. Ingat, kamu jgn sampe >3thn di bwah boss spt itu. Nanti takut dijajah terus menerus !! good luck !

  4. DhePe,nek ga salah t4 krj-mu tu dulu jd batu loncatan buat para sesepuh fakoeltas ilmoe hajat qt kan?Salut jg sampai skrg km msh disana.mengumpulkan energi utk melompat lebih tinggi??Wish u luck!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s