Danau Habema yang Memantulkan Salju Abadi

Fuji Ishihara, fotografer asal Jepang yang menetap di Wamena. Waktunya di habiskan untuk memotret pesona alam pegunung Jaya Wijaya, kekayaan flora dan fauna dan budaya masyarakt sekitar. Inilah sisi menariknya saat orang lain tidak melakukannya. Beruntung saya bersama dalam satu rombongan dan banyak belajar tentang passion dia yang kata orang setempatn "dia su gila" . Foto ini saya ambil sebelum turun ke danau Habema (dok.pri).

Fuji Ishihara, fotografer asal Jepang yang menetap di Wamena. Waktunya di habiskan untuk memotret pesona alam pegunung Jaya Wijaya, kekayaan flora dan fauna dan budaya masyarakt sekitar. Inilah sisi menariknya saat orang lain tidak melakukannya. Beruntung saya bersama dalam satu rombongan dan banyak belajar tentang passion dia yang kata orang setempatn “dia su gila” . Foto ini saya ambil sebelum turun ke danau Habema (dok.pri).

kau su gila kah..?” (kamu sudah gila kah..?), kata Pak Edison gaet saya dari tepi danau Habema di tengah-tengan Pulau Papua. Mungkin ini danau terluas dan tertinggi di Indonesia. Saya menikmati eksotisme danau yang berketinggian 3225mdpl sambil melihat refleksi puncak Trikora 4.750mdpl. Suhu 7 derajat celsius tak menghalangi saya untuk melihat dasar danau dengan hanya mengenakan celana pendek.

Pukul 03.00 pemandu sudah menjemput kami di salah satu hotel di Wamena. Kendaraan dengan penggerak 4 roda sudah siap melibas jalanan yang tak ramah, begitu kata pak Odison pada malam sebelumnya. Duduk di kabin belakang sambil menikmati suguhan musik pop Melayu yang di bawakan oleh grup band Wali. Tembang berjudul Nenekku pahlawanku menemani perjalanan pagi buta ini.

13734237941515521044
Puncak Trikora (4750mdpl) dengan salju abadinya. Salah satu tujuan pendaki gunung, karena di deretan pegunungan Jaya Wijaya terdapat salju abadi di tropis. (dok.pri)

Dari ketinggian 1600mdpl kami meretas menuju ketinggian 3000mdpl. Mungkin bagi kita yang tinggal di Pulau Jawa, Sumatra, Nusa Tenggara, Sulawesi ketinggian 3000m adalah puncak-puncak gunung. Di sini, 3000m adalah dataran tinggi. Samar-sama dari ufuk timur sinar matahari mulai mereka dan merona jingga. Saya meminta untuk berhenti sesaat dan pindah pada bak belakang mobil. Sambil berdiri di bak saya mencoba mengabadikan keindahan yang ada sambil mobil terus berjalan. Baru sadar ini diatas ketinggian 3300mdpl, dingin luar biasa pagi itu.

Akhirnya kami berhenti pada titik tertinggi di jalan yang menghubungkan Wamena dengan kabupaten Puncak Jaya. Saya kira, inilah jalan lintas kabupaten tertinggi di Indonesia. Saat mata saya memandang hamparan sabana yang luas khas tanaman dataran tinggi saya teringat akan film-film dokumenter yang menayangkan dataran tinggi tibet atau siberia. Angin yang bertiup seolah paduan suara alam yang merdu, tetapi jika sendirian menjadi suara yang menakutkan.

13734238881175543680
Danau indah yang saya ambil gambarnya dari atas bukit sebelum saya merangsek kebawah yang penuh dengan jebakan kubangan air. (dok.pri).

Ini Indonesia dan merupakan tempat paling indah yang saya pijak. Di atas ketinggian 3300mdpl saya bisa menyaksikan luasnya danau Habema. Danau dengan luas 224.35 ha dengan keliling sepanjang 9.79Km berada di ketingian 3225mdpl. Danau tertinggi di Indonesia ini diambil dari nama seoang perwira Belanda yang bernama Letna Habema. Dia bertugas untuk mengawasi detasemen militer pada ekspedisi Lorentz tahun 1909. Ekspedisi ini bertujuan untuk mendaki Gunung Trikora.

Dari pinggir danau, mata bisa luas dan sepuasnya memandang. Dari sini kita bisa melihat puncak Gunung Trikora 4.750 meter  adalah salah satu puncak dari pegunungan Jayawijaya. Gunung ini menjadi yang ketiga tertingi di Indonesia setelah puncak jaya dan mandala.

1373423960462973574
Pemandu saya tahu apa yang ada di benak kami. Dia membawa kami ke tepi danau ini (dok.pri)

Pemandu kami sepertinya sudah paham apa yang kami mau. Usai menyantap mie rebus dengan telur di padu dengan teh hangat kami diajak menuju danau. Jalan turun melewati padang rumput yang luas dengan jebakan kubangan air di beberapa tempat. Beberapa kali saat sempat terjeblos dalam kubangan air di bali rerumputan berdaun jarum. Air yang masuk dalam sepatu terasa sangat dingin namun demi rasa penasaran maka harus jalan terus.

Jarak yang ditempuh sekitar 1km untuk sampai di bibir danau. Dalam perjalanan menuju danau ini saya sempat bertegur sapa dengan wisatawan asal perancis. Kedok wisata mereka sematkan, tetapi dari alat yang mereka bawa adalah juru foto alam liar. Mereka ingin melihat burung-burung di atas ketinggian 3000mdpl. Sebuah cambuk saya, bagaimana dengan kita yang punya semuanya ini hanya berkutat dengan berburu foto rame-rame.

Akhirnya sampai juga di tepian danau. Saya duduk di atas batang pohon yang tertidur sambil melihat luasnya danau. DI sisi barat daya, salju abadi puncak trikora nampak putih memantulkan cahaya metahari pagi. Air danau yang perlahan menguap namun memberikan refleksi keindahan di sekelilingnya. Ini adalah danau terindah, tak salah ada surga yang tercecer dan jatuh di sini, guman saya.

13734237291771020749
Dinginnya air danau Habema tak menghalangi saya untuk melihat ada apa di bawah sana (dok.pri).

Byur… saya merasakan tubuh saya terhempas dan membeku seketika. Saya tak mau melewatkan kesempatan ini untuk merasakan bekunya danau Habema. “hey anak, baru kali ini ada tamu yang saya antar berenang di danau, memang kau su gila” begitu pemandu saya sambil geleng-geleng dan berkacak pingging. Kemampuan renang saya yang pas-pasan tak apalah gaya katak yang penting bisa mengambang dan melihat dasar danau yang begitu jernih airnya.

2-3 jam perjalan dari Wamena dengan jarak tempuh 42km melewati jalan berliku tertebus sudah begitu tubuh ini terendam sepenuhnya. Puas menikmati pesona bawah air dan karena tidak tahan juga dengan dinginnya air saatnya kembali pada kodratnya manusia. “Habema hanya ada di Papua, Indonesia dan itu luar biasa indahnya, sa su gila karenanya“.

26 thoughts on “Danau Habema yang Memantulkan Salju Abadi

  1. Bro Dhave salam kenal. Nama saya Adi. Saya sangat tertarik untuk bisa mengunjungi Danau Habema. Mungkin bro ada info / kenalan Guide disana? Terima kasih sebelumnya :)

Leave a Reply

